Pemantauan Dan Evaluasi Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1 SD
Daftar Isi
Pemantauan Dan Evaluasi Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1 SD - Halo sahabat guru merdeka, kali ini kuncijawaban.id akan membagikan mengenai Pemantauan Dan Evaluasi pada Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka.
Pemantauan dan penilaian harian penting dilakukan agar guru dapat mendukung kemajuan siswa untuk memenuhi capaian pembelajarannya. Bagian ini akan membahas sebagai berikut:
- Kriteria Sukses Pembelajaran.
- Teknik untuk memantau kemajuan siswa agar guru dapat mengevaluasi langkah pembelajaran selanjutnya yang efektif.
- Memberi umpan balik untuk memandu kemajuan siswa.
Berikut ini adalah pembahasan Pemantauan Dan Evaluasi Pembelajaran Seni Rupa selengkapnya
Pemantauan Dan Evaluasi Pembelajaran Seni Rupa
a. Kriteria Sukses Pembelajaran
Tujuan pembelajaran akan menyatakan apa siswa perlu pelajari, pahami dan lakukan.
Kriteria sukses ini akan membantu siswa untuk mengetahui sejauh mana mereka sudah
memenuhi capaian pembelajaran. Dengan mengetahui tujuan dengan jelas, fokus
siswa diharapkan tetap terjaga dan mereka dapat menyusun strategi yang tepat untuk
mencapainya.
Guru dapat menyatakan harapannya pada siswa dan sebaiknya melibatkan mereka
untuk ikut menciptakan kriteria sukses sebuah kegiatan. Ini dapat menjadikan siswa
memiliki kepemilikan terhadap kriteria tersebut sehingga mereka punya peluang lebih
besar untuk menciptakan karya yang berhasil. Keberhasilan-keberhasilan kecil akan
membangun kepercayaan diri siswa untuk berkarya lebih besar.
Selain itu, keterlibatan
siswa dalam menentukan kriteria sukses bagi dirinya sendiri juga memberikan dasar
yang kuat bagi siswa untuk menilai dirinya sendiri dan kelompoknya.
Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan menyediakan contoh
pekerjaan dari tahun-tahun sebelumnya yang menurut anda memenuhi standar
dan yang tidak memenuhi standar. Mintalah pendapat mereka mengenai kedua
karya tersebut, apa yang menurut mereka dapat dipertahankan atau apa yang perlu
dikembangkan dari karya tersebut
b. Penilaian
Penilaian dilakukan dengan cara mengevaluasi penguasaan pengetahuan atau
keterampilan siswa dalam melalui karya yang dihasilkannya. Setiap karya diharapkan
bersifat unik dan menunjukkan orisinalitas gagasan sesuai dengan karakter, kepribadian,
minat, kemampuan dan konteks siswa.
Guru hanya mengajarkan pengetahuan dan
keterampilan. Siswa diberi keleluasaan untuk menerjemahkan pengetahuan dan
keterampilannya ke dalam karya yang kemudian diapresiasi bersama.
Beberapa metode penilaian yang dapat digunakan antara lain:
1) Jurnal Visual/ Buku Sketsa
Jurnal Visual atau buku sketsa ini merupakan sarana siswa untuk mengumpulkan,
menyimpan dan menuangkan ide-ide atau hasil eksperimennya dalam bentuk
tulisan dan gambar. Guru dan orangtua dapat meninjau kembali proses berpikir dan
kreasi siswa melalui jurnal visualnya
2) Portofolio Portofolio
merupakan sarana siswa untuk berlatih mendokumentasikan, merawat
dan mengapresiasi karyanya. Melalui portofolio, siswa, orangtua dan guru dapat
melihat perkembangan dan kemajuan siswa. Hasil pengamatan ini dapat digunakan
sebagai informasi untuk merencanakan pembelajaran berikutnya agar menjadi
efektif.
3) Proyek
Proyek merupakan sarana siswa melakukan penelitian, penyelidikan, eksplorasi
dan/atau eksperimen terhadap suatu topik yang nyata dan relevan dalam
kehidupan mereka sehari-hari. Proyek dapat dilakukan dalam kelompok kecil atau
besar dengan pembagian peran kerja. Guru dapat menilai presentasi akhir proyek,
laporan dan keterlibatan siswa.
4) Demonstrasi
Siswa menunjukan penguasaannya mengenai suatu topik atau kemampuannya
mengerjakan suatu keterampilan tertentu di depan audiens tertentu (misalnya
kelas, sekolah atau umum). Audiens dapat memberikan umpan balik terhadap
tampilan tersebut.
5) Laporan
Siswa membuat laporan, esai atau bagan untuk menunjukkan pemahamannya
mengenai suatu topik atau peristiwa tertentu.
6) Rubrik
Penilaian menggunakan rubrik atau tabel yang mencantumkan kriteria
sukses tertentu.
7) Penilaian Pribadi atau Kelompok
Bersama dengan guru, siswa meninjau kembali karyanya/ karya temannya dengan
menggunakan rubrik yang mencantumkan kriteria sukses yang jelas
Beberapa contoh rubrik yang dapat digunakan dalam berbagai level
c. Umpan Balik
Umpan balik diperlukan agar siswa mengetahui sejauh mana kemajuan pengetahuan,
pemahaman, keterampilan, dan usaha mereka. Dengan umpan balik yang tepat,
bermakna, dan membangun, siswa dapat mengembangkan langkah selanjutnya yang
tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran mereka.
Umpan balik yang paling efektif diberikan saat siswa tengah bekerja atau segera
setelahnya.
Siswa membutuhkan umpan balik agar memiliki kesempatan untuk
melakukan perbaikan atau pemantapan atas kemampuannya.
Saat memberikan umpan balik, pastikan tujuan pembelajaran dan kriteria sukses yang
jelas dan sudah disampaikan pada para siswa sebelumnya. Pastikan siswa mendapatkan
informasi yang mereka perlukan agar mereka dapat menjawab pertanyaan berikut :
- Apakah kemajuan yang sudah saya capai?
- Apakah yang selanjutnya harus saya lakukan?
Beberapa jenis umpan balik :
Umpan Balik Lisan
Umpan balik lisan sangat sesuai untuk pertemuan tatap muka. Hal tersebut dapat
dilakukan secara individu, kelompok atau seluruh kelas. Guru dan siswa dapat
memberikan umpan balik pada satu sama lain dengan mengutamakan etika
berkomunikasi, seperti bergiliran saat bicara dan tidak memotong pembicaraan
orang lain, menggunakan kriteria sukses yang jelas dan tidak menyerang pribadi.
Umpan Balik Non Lisan
Sering tidak disadari bahwa ekspresi wajah dan bahasa tubuh adalah merupakan
umpan balik juga. Misalnya dengan tersenyum atau mengangguk pada siswa.
Kesadaran akan hal ini dapat membantu menciptakan suasana belajar yang positif.
Feedback Tertulis
Umpan balik juga dapat diberikan secara tertulis. Jika menggunakan tulisan tangan,
pastikan bahwa tulisan tangan tersebut dapat jelas terbaca, sehingga siswa dapat
membaca dan mengerti umpan balik tersebut. Cara ini sedikit memakan waktu,
namun bukti tertulis merupakan bukti yang sangat kuat dan efektif. Guru dapat
memberikan keleluasaan pada siswa untuk merespon umpan balik anda secara
tertulis juga.
Posting Komentar