Kegiatan 9 Bentuk Huruf, Seni Rupa Kelas 1 SD
Daftar Isi
Kegiatan 9 Bentuk Huruf, Seni Rupa Kelas 1 SD - Halo sahabat guru, Apakah Sahabat Guru sudah siap untuk mengajarkan Kegiatan 9 Bentuk Huruf, Seni Rupa Kelas 1 SD?
Baca Juga: Kegiatan 8 Bentuk yang Berulang, Seni Rupa Kelas 1 SD
Kegiatan 9 Bentuk Huruf
Elemen Dan Sub-Elemen Capaian
Mengalami
A.3 Mengamati, merekam dan
mengumpulkan pengalaman
dan informasi serupa.
Menciptakan
C.2 Merekonstruksi bentuk
sesuai dengan makna visual
dan makna simbolik karya seni
rupa dalam berbagai aliran,
gaya serta visi penciptaan.
Profil Pelajar Pancasila
Kreatif: Menghasilkan gagasan
yang orisinal : Saya mencoba
untuk tidak menciptakan hal
yang sama dengan cara yang
sama sepanjang waktu. Saya
dapat menghasilkan gagasan
atau ide yang orisinil.
Tujuan Pembelajaran Kegiatan 9
- Siswa mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Huruf, Abjad, Alfabet, Fonts.
- Siswa mengenali bahwa huruf dapat dipresentasikan dalam berbagai bentuk.
- Siswa mampu merancang tulisan indah sederhana, dan menggunakan pola sederhana sebagai dekorasi.
Alat Bahan
- Kertas
- Pensil dan alat pewarna
- Alat peraga berupa berbagai macam font yang sudah dicetak, majalah atau brosur iklan yang memiliki berbagai jenis font.
Eksplorasi
- Ajak siswa untuk melihat contoh-contoh tulisan yang dalam berbagai font (jenis huruf). Guru dapat mencetaknya, mengumpulkan gambar iklan dengan font yang berbedabeda atau mengambil contoh font dari lingkungan sekitar (misalnya dari tulisan pada tas dan seragam siswa).
- Mintalah mereka untuk mengobservasi tulisan yang ada pada gambar, dan berdiskusi, bagaimana sebuah huruf tetap bisa dibaca sama meskipun bentuknya berbeda.
- Diskusikan dengan siswa, di antara semua contoh font, mana contoh yang paling mereka sukai dan mengapa? Apakah yang membuat sebuah font menarik?
Aktivitas
- Siswa membuat sebuah papan nama dari kertas (sebaiknya karton/manila) untuk menuliskan namanya. Papan nama ini dapat ditaruh di atas meja siswa masing-masing, dapat digunakan untuk membantu guru/tamu yang belum hafal nama semua siswa.
- Siswa menuliskan namanya dengan font yang disukainya, pastikan ukurannya cukup besar dan dapat dibaca dari jarak 3 meter.
- Siswa memberikan elemen dekorasi di dalam setiap huruf atau di sekeliling kertas. Gunakan pengetahuan tentang pola menggunakan garis, bentuk dan warna yang sudah mereka ketahui sebelumnya
Pengayaan
- Siswa dapat menggunting bentuk huruf yang mereka buat dan menempelkannya di atas kertas berwarna lain, sebelum kemudian mereka menambahkan elemen dekorasi lain berupa pola.
- Siswa dapat membuat papan nama untuk anggota keluarganya atau teman lainnya, jika waktu dan alat bahan masih memungkinkan.
Berpikir & Bekerja Artistik
Berpasangan dan berbagi:
Siswa dibagi berpasangan lalu mereka saling memberikan
pendapat mengenai hasil karya satu sama lainnya.
Pertanyaan esensial
- Apa jenis fonts yang kamu suka? Bagian apa yang paling kamu sukai dari fonts tersebut?
- Bagaimana perasaanmu jika seseorang membuat karya khusus untukmu?
Karya Seni Yang Dapat Dijadikan Referensi Visual:
- Karya Romero Britto: Star Wars (2011)
- Karya Jasper Johns: 0-9 (1960)
- Karya Abenk ALter: Sunday Crowd (2019)
Posting Komentar