Kegiatan 8 Bentuk yang Berulang, Seni Rupa Kelas 1 SD
Daftar Isi
Kegiatan 8 Bentuk yang Berulang, Seni Rupa Kelas 1 SD - Halo sahabat Guru, Apakah sahabat guru sekalian sudah siap untuk mengajarkan Kegiatan 8 Bentuk yang Berulang, Seni Rupa Kelas 1 SD?
Sahabat guru bisa menjelaskan bahwa Kamu bisa menyusun beberapa bentuk berurutan. Susunan bentuk tersebut bisa kamu buat berulang. Dengan begitu kamu telah membuat sebuah bentuk berulang atau pola.
Kegiatan 8 Bentuk yang Berulang
Elemen Dan Sub-Elemen Capaian
Mengalami
A.2 Eksplorasi aneka media
dan proses.
A.3 Mengamati, merekam dan
mengumpulkan pengalaman
dan informasi rupa.
Menciptakan
C.2 Memilih, menggunakan
dan/atau menerapkan aneka
media yang sesuai dengan
tujuan tertentu.
Berpikir dan Bekerja Artistik
BBA.4 Meninjau dan
memperbarui karya pribadi.
Berdampak
D.2 Mengaitkan gagasan dan
temuan berpikir kritis terhadap
mata pelajaran yang lain
sebagai korelasi fisik, sistem
dan nilai untuk pengembangan
diri serta menguatkan kearifan
lokal.
Profil Pelajar Pancasila
Bernalar Kritis: Refleksi proses
berpikir: Saya memahami
bahwa kesalahan adalah
bagian dari proses belajar;
Saya melakukan refleksi saat
berproses untuk meningkatkan
kualitas pekerjaan saya.
Tujuan Pembelajaran Kegiatan 8
- Siswa dapat mengidentifikasi bentuk berulang
- Siswa dapat membuat kreasi dari bentuk yang berulang dengan cara memilih minimal 1 teknik: menggambar, kolase, menganyam, dan lain-lain.
Alat Bahan
- Pensil dan kertas gambar
- Gunting, lem
- Kertas berwarna untuk digunting
- Alat peraga dari guru berupa baju bermotif atau foto-foto yang menunjukkan bentuk berulang.
Eksplorasi
- Guru menunjukkan alat peraga yang dibawanya dan mengajak siswa untuk mengobservasi lebih dekat tentang bentuk berulang yang ada pada alat peraga tersebut. Apa yang bisa mereka analisa dari motif tersebut?
- Minta siswa untuk melihat sekeliling, apakah ada lagi bentuk berulang yang bisa mereka temukan?
- Minta siswa untuk bekerja berkelompok (4-6 orang), dan membuat sebuah bentuk berulang dengan benda-benda yang bisa mereka temukan di sekitar mereka.
Aktivitas
- Setelah siswa memahami apa yang dimaksud dengan bentuk berulang, dan memahami bahwa bentuk berulang bisa menjadi sebuah motif, beri siswa kesempatan untuk memilih alat bahan dan bagaimana mereka akan membuat pola mereka sendiri.
- Guru bisa memberikan contoh teknik dasar membuat bentuk berulang dengan cara menggambar, kolase, menganyam, dan lain-lain. Setelah siswa memahami cara membuatnya, ia dapat mencoba melakukannya sendiri.
- Motivasi siswa untuk menggunakan pengetahuan mereka tentang warna, bentuk dan garis dalam membuat variasi bentuk berulang. Ajak siswa untuk memperhatikan detail karya agar karyanya unik.
Pengayaan
Guru mengajak siswa untuk memperhatikan motif pada batik
atau kain tenun Indonesia lainnya, juga pada berbagai macam
ukiran tradisional Indonesia, yang menggambarkan kekayaan
budaya Indonesia.
Berpikir & Bekerja Artistik
Gallery walk
Para siswa mendisplay karya-karyanya. Berikan kesempatan
untuk mereka saling memberikan pendapat atau pertanyaan
dengan fokus pada bentuk yang berulang.
Pertanyaan esensial
- Bagaimana cara kamu membuatnya?
- Apa yang membedakan karyamu dengan karya orang lain?
- Bagian mana yang terasa paling mudah dalam proses pembuatan karyamu?
- Bagian mana yang terasa sulit?
Karya Seni Yang Dapat Dijadikan Referensi Visual:
- Motif batik seperti truntum, batik parang rusak, mega mendung.
- Motif ukiran Toraja
- Karya Syagini Ratna Wulan: 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14,1 5 (2015)
Posting Komentar