Kegiatan 7 Warna Garis dan Bentuk Seni Rupa Kelas 1
Daftar Isi
Kegiatan 7 Warna Garis dan Bentuk Seni Rupa Kelas 1 - Halo sahabat guru, Apakah Sahabat Guru sudah siap untuk mengajarkan Kegiatan 5 Membuat Bentuk dengan Potong & Tempel, Seni Rupa Kelas 1 SD?
Baca Juga: Kegiatan 6 Bentuk dalam Topeng, Seni Rupa Kelas 1 SD
Kegiatan 7 Warna Garis dan Bentuk Seni Rupa Kelas 1
Elemen Dan Sub-Elemen Capaian
Mengalami
A.2 Eksplorasi aneka media dan
proses.
A.3 Mengamati, merekam dan
mengumpulkan pengalaman dan
informasi rupa.
Menciptakan
C.2 Memilih, menggunakan dan/
atau menerapkan aneka media
yang sesuai dengan tujuan
tertentu.
Merefleksikan
R.1 Menghargai dan memahami
pengalaman estetik dan
pembelajaran artistik.
Berpikir dan Bekerja Artistik
BBA.4 Meninjau dan memperbarui
karya pribadi.
Profil Pelajar Pancasila
- Kreatif: Menghasilkan karya dan tindakan yang original: Saya dapat menghubungkan gagasan-gagasan yang ada dalam merespon dan membuat karya seni.
- Bernalar Kritis: Refleksi proses berpikir : Saya memahami bahwa kesalahan adalah bagian dari proses belajar; Saya melakukan refleksi saat berproses untuk meningkatkan kualitas pekerjaan saya
Tujuan Pembelajaran Kegiatan 7
- Siswa mengerti kosakata bentuk dan garis, nama-nama warna, warna panas, warna dingin dan warna netral, juga kosakata “tumpang tindih”, dan dapat mengaplikasikan pemahamannya ke dalam karya.
- Siswa dapat melakukan refleksi akan karyanya, membuat alternatif karya, dan membandingkannya.
- Siswa dapat memilih warna ataupun karya yang ingin digunakan, dan dapat menyebutkan alasannya.
Alat Bahan
- Pensil, atau alat gambar lain yang memiliki warna panas, warna dingin dan warna netral.
- Spidol hitam, untuk memperjelas bentuk
Eksplorasi
- Guru memulai diskusi dengan bertanya pada siswa akan pengertian mereka tentang warna panas, warna dingin dan warna netral. Guru dapat menggunakan lembar peraga untuk sebagai alat bantu visual bagi siswa, juga untuk meninjau pengetahuan siswa akan nama-nama warna. Bantu siswa mengasosiasikan warna panas atau dingin dengan benda-benda yang terasa panas (misalnya api, lampu, matahari) dan terasa dingin (misalnya air, anggur, langit malam)
- Guru meminta anak melihat sekelilingnya dan kemudian mengidentifikasi warna panas, warna dingin dan warna netral yang mereka lihat.
Aktivitas
- Jelaskan pada siswa bahwa mereka akan menggambar dan mewarnai di sebidang kertas, mereka perlu memenuhi seluruh bidang kertas.
- Siswa menggambar berbagai macam garis dan bentuk. Motivasi siswa untuk berani menggunakan berbagai macam ukuran bentuk dan untuk menggambar garis dan bentuk yang tumpang tindih.
- Siswa bisa diberi kertas yang kedua, lalu ia bisa mengulang proses di atas sekali lagi.
- Minta siswa untuk membandingkan kertas pertama dan kertas keduanya, yang mana yang lebih artistik? Mengapa? Setelah siswa memilih, mereka bisa meneruskannya dengan mewarnai
- Berikan siswa pilihan untuk mewarnai karya yang dipilihnya dengan salah satu kategori: warna panas, warna dingin atau warna netral.
Pengayaan
Siswa dapat membuat gambar objek favoritnya (misalnya binatang,
tanaman, roket, atau ilustrasi dari buku cerita anak yang biasa ia baca)
dan kemudian mewarnainya dengan warna panas atau warna dingin.
Siswa dapat bekerjasama untuk memajang karya-karya mereka
sesuai kategori warna panas, warna dingin atau warna netral.
Berpikir & Bekerja Artistik
Pertanyaan esensial
- Apa judul karyamu?
- Apakah yang paling kamu sukai dari karyamu? Kenapa kamu menyukainya?
- Darimana kamu mendapatkan idemu? Apa atau siapa yang menjadi inspirasimu?
Berikan lembar refleksi pada siswa, dimana ia bisa menuliskan namanama berbagai macam garis, bentuk dan warna yang ia gunakan
dalam karyanya. Ia juga bisa menuliskan jawaban dari pertanyaanpertanyaan esensial saat ia sudah menyelesaikan karyanya.
Karya Seni Yang Dapat Dijadikan Referensi Visual:
- Karya Affandi: Three Moods (1966)
- Warna netral: Karya Ichsan Harja: Portable Chicken Cages at Cockfigthing Market Semarang (2016)
- Warna netral: Karya Arin Dwihartanto Sunaryo: Merapi Volcanic Ash Series (2013)
- Warna panas: Kazuya Sakai: Red Waves in Matsushima (1976)
- Warna panas: Gustav Klimt: Portrait of Adele Bloch-Bauer (1903- 1907)
- Warna dingin: Pablo Picasso: The Old Guitarist (1903-1904)
- Warna dingin: Monet (Japanese Bridge (1899)
Posting Komentar