Kegiatan 6 Bentuk dalam Topeng, Seni Rupa Kelas 1 SD

Daftar Isi
Kegiatan 6 Bentuk dalam Topeng, Seni Rupa Kelas 1 SD

Kegiatan 6 Bentuk dalam Topeng, Seni Rupa Kelas 1 SD - Halo sahabat guru, Apakah Sahabat Guru sudah siap untuk mengajarkan Kegiatan 5 Membuat Bentuk dengan Potong & Tempel, Seni Rupa Kelas 1 SD?

Kegiatan 6 Bentuk dalam Topeng

Elemen Dan Sub-Elemen Capaian

Mengalami 

A.1. Mengalami, merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber. 
A.2 Eksplorasi aneka media dan proses. 
A.3 Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi rupa . 

Menciptakan 

C.1 Mempelajari bagaimana menggunakan berbagai media (pensil/krayon). 
C.2 Memilih, menggunakan dan/atau menerapkan aneka media yang sesuai dengan tujuan tertentu.

Profil Pelajar Pancasila 

  • Berkebinekaan Global: Mengenal dan menghargai budaya: Saya mengenali, mengidentifikasi, dan mendeskripsikan berbagai macam budaya dan karya seninya di tingkat lokal, regional, nasional, dan global. 
  • Bernalar Kritis: Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan: Saya dapat menggunakan kosakata seni (simetri); Saya menunjukkan rasa ingin tahu dan dapat bertanya untuk membantu pemahaman saya dalam seni

Tujuan Pembelajaran Kegiatan 6 

  • Siswa mengenal berbagai macam topeng dari Indonesia. 
  • Siswa mengenal konsep simetri. 
  • Siswa menggunakan teknik lipat, gunting dan tempel untuk membuat topeng kertas.

Alat Bahan 

  • Pensil, atau alat gambar lain.
  • Gunting dan lem 
  • Kertas warna, atau kertas koran, atau majalah bekas 
  • Template topeng di bagian mata. Guru bisa menyiapkannya dulu sejumlah anak sebelum kelas dimulai.

Eksplorasi 

  • Dengan melihat beberapa contoh topeng dari berbagai daerah di Indonesia, ajak siswa untuk berdiskusi dengan menggunakan strategi Lihat, Pikir, Tanya. Apa fungsi topeng-topeng tersebut? Bagaimana topeng tersebut dibuat? Apakah warna dan bentuknya memiliki arti tertentu? 
  • Ajak anak untuk memperhatikan sisi kiri dan sisi kanan dari topeng. Tutup salah satu sisi topeng. Apa kira-kira yang bisa kamu perkirakan di sisi yang satunya?

Aktivitas 

  • Jelaskan pada siswa bahwa mereka akan membuat topeng dengan bentuk simetri. Mereka akan menggambar dan menggunting sendiri bentuk-bentuk yang akan digunakan untuk topeng. 
  • Contohkan pada siswa untuk melipat kertas, menggambar bentuk, dan mengguntingnya. 
  • Siswa mempraktekkan aktivitas mempersiapkan bentukbentuk untuk membuat topeng simetris. 
  • Siswa menempelkan bentuk-bentuk yang sudah disiapkan pada template topeng. Ajak mereka untuk memperhatikan warna, ukuran dan penempatan masing-masing bentuk tersebut, agar mendapatkan bentuk topeng yang artistik.

Pengayaan

Ajak siswa untuk bereksplorasi dengan bentuk-bentuk organik. Bentuk organik yang bagaimana yang mudah digambar? Mudah digunting? Mudah ditempel? 

Berpikir & Bekerja Artistik 

Pertanyaan esensial, 

  • Saat melihat berbagai jenis topeng dari berbagai budaya: Apa yang kamu lihat? Apa yang kamu pikirkan? Apa yang ingin kamu tanyakan? 
  • Apa perbedaan yang kamu amati? Apa persamaan yang kamu amati? Saat melakukan proses kreatif: 
  • Bagian mana yang terasa paling mudah dalam proses pembuatan karyamu? 
  • Bagian mana yang terasa sulit? 
  • Bagaimana strategimu untuk mengatasi kesulitan tersebut? Apa yang kamu rasakan setelah kamu berhasil mengatasi bagian yang tersulit dalam proses berkaryamu?

Karya Seni Yang Dapat Dijadikan Referensi Visual: 

  • Karya lukisan Georgia O’Keeffe: Cow’s Skull: Red, White, and Blue (1931) 
  • Karya-karya lukisan arang Heather Hansen: Emptied Gestures (2013) 
  • Karya Maya Hayuk: Big Bang Breakthrough 2 (2013)

Penutup

Demikanlah pembahasan mengenai Kegiatan 6 Bentuk dalam Topeng, Seni Rupa Kelas 1 SD yang dapat kuncijawaban.id bagikan untuk sahabat guru merdeka sekalian. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar