Kegiatan 6 Bentuk dalam Topeng, Seni Rupa Kelas 1 SD
Daftar Isi
Kegiatan 6 Bentuk dalam Topeng, Seni Rupa Kelas 1 SD - Halo sahabat guru, Apakah Sahabat Guru sudah siap untuk mengajarkan Kegiatan 5 Membuat Bentuk dengan Potong & Tempel, Seni Rupa Kelas 1 SD?
Kegiatan 6 Bentuk dalam Topeng
Elemen Dan Sub-Elemen Capaian
Mengalami
A.1. Mengalami, merasakan,
merespon, dan bereksperimen
dengan aneka sumber.
A.2 Eksplorasi aneka media
dan proses.
A.3 Mengamati, merekam dan
mengumpulkan pengalaman
dan informasi rupa .
Menciptakan
C.1 Mempelajari bagaimana
menggunakan berbagai media
(pensil/krayon).
C.2 Memilih, menggunakan
dan/atau menerapkan aneka
media yang sesuai dengan
tujuan tertentu.
Profil Pelajar Pancasila
- Berkebinekaan Global: Mengenal dan menghargai budaya: Saya mengenali, mengidentifikasi, dan mendeskripsikan berbagai macam budaya dan karya seninya di tingkat lokal, regional, nasional, dan global.
- Bernalar Kritis: Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan: Saya dapat menggunakan kosakata seni (simetri); Saya menunjukkan rasa ingin tahu dan dapat bertanya untuk membantu pemahaman saya dalam seni
Tujuan Pembelajaran Kegiatan 6
- Siswa mengenal berbagai macam topeng dari Indonesia.
- Siswa mengenal konsep simetri.
- Siswa menggunakan teknik lipat, gunting dan tempel untuk membuat topeng kertas.
Alat Bahan
- Pensil, atau alat gambar lain.
- Gunting dan lem
- Kertas warna, atau kertas koran, atau majalah bekas
- Template topeng di bagian mata. Guru bisa menyiapkannya dulu sejumlah anak sebelum kelas dimulai.
Eksplorasi
- Dengan melihat beberapa contoh topeng dari berbagai daerah di Indonesia, ajak siswa untuk berdiskusi dengan menggunakan strategi Lihat, Pikir, Tanya. Apa fungsi topeng-topeng tersebut? Bagaimana topeng tersebut dibuat? Apakah warna dan bentuknya memiliki arti tertentu?
- Ajak anak untuk memperhatikan sisi kiri dan sisi kanan dari topeng. Tutup salah satu sisi topeng. Apa kira-kira yang bisa kamu perkirakan di sisi yang satunya?
Aktivitas
- Jelaskan pada siswa bahwa mereka akan membuat topeng dengan bentuk simetri. Mereka akan menggambar dan menggunting sendiri bentuk-bentuk yang akan digunakan untuk topeng.
- Contohkan pada siswa untuk melipat kertas, menggambar bentuk, dan mengguntingnya.
- Siswa mempraktekkan aktivitas mempersiapkan bentukbentuk untuk membuat topeng simetris.
- Siswa menempelkan bentuk-bentuk yang sudah disiapkan pada template topeng. Ajak mereka untuk memperhatikan warna, ukuran dan penempatan masing-masing bentuk tersebut, agar mendapatkan bentuk topeng yang artistik.
Pengayaan
Ajak siswa untuk bereksplorasi dengan bentuk-bentuk organik.
Bentuk organik yang bagaimana yang mudah digambar?
Mudah digunting? Mudah ditempel?
Berpikir & Bekerja Artistik
Pertanyaan esensial,
- Saat melihat berbagai jenis topeng dari berbagai budaya: Apa yang kamu lihat? Apa yang kamu pikirkan? Apa yang ingin kamu tanyakan?
- Apa perbedaan yang kamu amati? Apa persamaan yang kamu amati? Saat melakukan proses kreatif:
- Bagian mana yang terasa paling mudah dalam proses pembuatan karyamu?
- Bagian mana yang terasa sulit?
- Bagaimana strategimu untuk mengatasi kesulitan tersebut? Apa yang kamu rasakan setelah kamu berhasil mengatasi bagian yang tersulit dalam proses berkaryamu?
Karya Seni Yang Dapat Dijadikan Referensi Visual:
- Karya lukisan Georgia O’Keeffe: Cow’s Skull: Red, White, and Blue (1931)
- Karya-karya lukisan arang Heather Hansen: Emptied Gestures (2013)
- Karya Maya Hayuk: Big Bang Breakthrough 2 (2013)
Baca Juga: Kegiatan 2 Aneka Garis, Seni Rupa Kelas 1 SD
Posting Komentar