Kegiatan 5 Membuat Bentuk dengan Potong & Tempel, Seni Rupa Kelas 1 SD

Daftar Isi
Kegiatan 5 Membuat Bentuk dengan Potong & Tempel, Seni Rupa Kelas 1 SD - Halo sahabat guru, Apakah Sahabat Guru sudah siap untuk mengajarkan Kegiatan 5 Membuat Bentuk dengan Potong & Tempel, Seni Rupa Kelas 1 SD?

Kegiatan 5 Membuat Bentuk dengan Potong & Tempel, Seni Rupa Kelas 1 SD

Kegiatan 5 Membuat Bentuk dengan Potong & Tempel

Elemen Dan Sub-Elemen Capaian

Mengalami 

A.1. Mengalami, merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber. 
A.2 Eksplorasi aneka media dan proses. 

Menciptakan 

C.1 Mempelajari bagaimana menggunakan berbagai media (pensil/krayon). 
C.2 Memilih, menggunakan dan/atau menerapkan aneka media yang sesuai dengan tujuan tertentu. 

Merefleksikan 

R.1 Menghargai pengalaman dan pembelajaran artistik.

Profil Pelajar Pancasila

  • Kreatif: Menghasilkan gagasan yang orisinal: Saya tidak takut untuk membuat kesalahan karena saya tahu saya bisa belajar dari kesalahan tersebut. 
  • Bergotong Royong: Kolaborasi: Saya bekerja sama dan berkomunikasi untuk mencapai tujuan bersama; Saya dapat berkoordinasi, menjadi pemimpin ataupun menjadi yang dipimpin.

Tujuan Pembelajaran Kegiatan 5

  • Siswa mampu berkreasi dan mampu memilih bentuk yang diperlukannya. 
  • Siswa dapat mengidentifikasi nama-nama bentuk geometris dan bentuk organik. 
  • Siswa dapat menggunakan lem dan gunting untuk membuat kolase. 

Alat Bahan

  • Pensil, atau alat gambar lain. 
  • Gunting dan lem 
  • Kertas warna, atau kertas koran, atau majalah bekas 
  • Berbagai macam ukuran (besar, sedang, kecil) dari bentuk segitiga, segiempat, lingkaran dan oval. 
  • Berbagai foto binatang

Eksplorasi

  • Ajak siswa untuk mengobservasi gambar binatang seperti poin A dan membayangkan bentuk geometris apa yang membentuknya. Observasi juga gambar-gambar binatang lain, jika ada. 
  • Tunjukkan gambar di poin B, ajak siswa untuk mengidentifikasi bentuk apa yang mereka lihat. Apa yang bisa mereka ceritakan tentang warna-warnanya? Bagaimana tentang ukuran bentuk yang satu dengan bentuk yang lain?

Aktivitas

  • Jelaskan bahwa seorang seniman dapat menggunakan bentuk-bentuk sederhana untuk membuat karya. Masingmasing karya adalah unik, karena masing-masing seniman dapat menggunakan bentuk, ukuran dan penempatan yang berbeda pada karyanya. 
  • Jelaskan bagaimana menggunakan lem yang baik, yaitu dengan mengoleskannya tipis-tipis di sepanjang sisi bentuk, dan kemudian sedikit olesan di bagian tengah. 
  • Ajak siswa untuk mengobservasi bentuk-bentuk yang sudah disediakan guru. Jelaskan bahwa mereka akan membuat kolase dan membentuk seekor binatang imajinasi. Mereka dapat memilih bentuk-bentuk yang disediakan guru, menggabungkannya untuk membentuk binatang imajinasinya, dan kemudian menempelkannya pada kertas yang disediakan. 
  • Siswa dapat diminta untuk bekerja berpasangan untuk membuat kolase binatang imaginasinya. Motivasi siswa agar dapat saling mendengarkan pendapat rekannya, dan sepakat dalam pembagian kerja menyelesaikan karyanya

Pengayaan 

Siswa dapat menggambar bentuk pada halaman berwarna dari majalah bekas, untuk kemudian digunting dan digunakan untuk membuat kolase binatang imajinasinya. 

Berpikir & Bekerja Artistik 

Pertanyaan esensial 
  • Apakah yang paling kamu sukai dari karyamu? Kenapa kamu menyukainya? 
  • Bagian mana yang paling mudah kamu lakukan? 
  • Bagian mana yang dirasa tersulit bagimu? Bagaimana kamu mengatasi kesulitanmu?

Karya Seni Yang Dapat Dijadikan Referensi Visual: 

  • Karya kolase Ika Vantiani: Red Houses (2009) 
  • Karya kolase Resatio Adiputra: Currency Series (2017)
  • Karya lukisan Paul Klee: Castle and Sun (1928)

Penutup

Demikanlah pembahasan mengenai Kegiatan 5 Membuat Bentuk dengan Potong & Tempel, Seni Rupa Kelas 1 SD yang dapat kuncijawaban.id bagikan untuk sahabat guru merdeka sekalian. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar