Kegiatan 4 Garis Membuat Bentuk Seni Rupa Kelas 1 SD
Daftar Isi
Kegiatan 4 Garis Membuat Bentuk Seni Rupa Kelas 1 SD
A.1. Mengalami, merasakan,
merespon, dan bereksperimen
dengan aneka sumber.
A.2 Eksplorasi aneka media
dan proses.
Menciptakan
C.1 Mempelajari bagaimana
menggunakan berbagai media
(pensil/krayon).
C.2 Memilih, menggunakan
dan/atau menerapkan aneka
media yang sesuai dengan
tujuan tertentu.
Profil Pelajar Pancasila
- Kreatif: Menghasilkan karya dan tindakan yang original: Saya dapat mengaplikasikan ide baru sesuai dengan konteksnya untuk mengatasi persoalan.
- Mandiri: Regulasi Diri: Saya dapat menyelesaikan tugastugas dalam waktu yang telah disepakati
Tujuan Pembelajaran Kegiatan 4
- Siswa memahami bahwa berbagai jenis bentuk dibentuk oleh berbagai macam garis.
- Siswa dapat mengidentifikasi nama-nama bentuk geometris (segitiga, segiempat, lingkaran, oval, trapesium) dan bentuk organik.
Alat Bahan
- Kertas warna, atau kertas koran, atau majalah bekas.
- Pensil, atau alat gambar lain.
- Foto rumah atau truk atau mobil, sebagai alat peraga. Lebih baik jika dapat melakukan pengamatan langsung
Baca Juga: Kegiatan 2 Aneka Garis, Seni Rupa Kelas 1 SD
Eksplorasi
- Jelaskan pada siswa, bahwa jika sebuah garis bergerak dari sebuah titik A, berjalan kemana-mana terlebih dahulu dan kemudian kembali lagi ke titik A, maka ia akan membuat sebuah bentuk.
- Ajak siswa untuk mengamati dan menebak, apakah yang membuat bentuk geometris dan bentuk organik berbeda?
- Minta siswa untuk menutup mata dan membayangkan rumahnya. Angkat tangan dan sebutkan benda apa yang ia ingat, saat guru menyebutkan nama-nama bentuk. Misalnya: saat guru menyebutkan “segiempat”, maka siswa bisa menyebutkan “pintu” atau ”TV” atau “talenan”.
Aktivitas
- Siswa membuat gambar imajinasi tentang rumah atau truk. Mereka dapat memilih dengan memberikan alasannya masing-masing. Motivasi mereka untuk menggunakan berbagai macam jenis garis dan berbagai macam bentuk.
- Bantu siswa untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya secara detail, termasuk menggambar benda-benda yang kecil seperti pegangan pintu, pot bunga, bemper, lampu belakang, lubang bahan bakar dll.
Pengayaan
Guru dapat memberikan tantangan lebih dengan:
- Mengintegrasikan kegiatan berhitung, misalnya: “Coba atur agar bentuk geometris yang kamu gambar lebih banyak daripada bentuk organik,”
- Mengamati kain tenun tradisional, lalu mengajak anak untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk geometris pada elemen dekoratif kain tenun tersebut.
Berpikir & Bekerja Artistik
Pertanyaan esensial
- Apakah yang paling kamu sukai dari karyamu? Kenapa kamu menyukainya?
- Darimana kamu mendapatkan idemu? Apa atau siapa yang menjadi inspirasimu?
Karya Seni Yang Dapat Dijadikan Referensi Visual:
- Motif pada ubin klasik Jogja
- Karya Piet Mondrian: Broadway Boogie Woogie (1942-1943)
- Karya-karya WPAP (Wedha Pop-Art Portrait) dari inpirasi karya Wedha Abdul Rashid
- Karya Krasner: Blue Square (1939-1943)
Posting Komentar