Kegiatan 4 Garis Membuat Bentuk Seni Rupa Kelas 1 SD

Daftar Isi
Kegiatan 4 Garis Membuat Bentuk Seni Rupa Kelas 1 SD - Halo sahabat Guru, Apakah sahabat guru sekalian sudah siap untuk mengajarkan Kegiatan 4 Garis Membuat Bentuk Seni Rupa Kelas 1 SD?

Kegiatan 4 Garis Membuat Bentuk Seni Rupa Kelas 1 SD


Elemen Dan Sub-Elemen Capaian

Mengalami 

A.1. Mengalami, merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber. 
A.2 Eksplorasi aneka media dan proses. 

Menciptakan 

C.1 Mempelajari bagaimana menggunakan berbagai media (pensil/krayon). C.2 Memilih, menggunakan dan/atau menerapkan aneka media yang sesuai dengan tujuan tertentu.

Profil Pelajar Pancasila

  • Kreatif: Menghasilkan karya dan tindakan yang original: Saya dapat mengaplikasikan ide baru sesuai dengan konteksnya untuk mengatasi persoalan. 
  • Mandiri: Regulasi Diri: Saya dapat menyelesaikan tugastugas dalam waktu yang telah disepakati

Tujuan Pembelajaran Kegiatan 4

  • Siswa memahami bahwa berbagai jenis bentuk dibentuk oleh berbagai macam garis. 
  • Siswa dapat mengidentifikasi nama-nama bentuk geometris (segitiga, segiempat, lingkaran, oval, trapesium) dan bentuk organik.

Alat Bahan

  • Kertas warna, atau kertas koran, atau majalah bekas. 
  • Pensil, atau alat gambar lain. 
  • Foto rumah atau truk atau mobil, sebagai alat peraga. Lebih baik jika dapat melakukan pengamatan langsung

Eksplorasi 

  • Jelaskan pada siswa, bahwa jika sebuah garis bergerak dari sebuah titik A, berjalan kemana-mana terlebih dahulu dan kemudian kembali lagi ke titik A, maka ia akan membuat sebuah bentuk. 
  • Ajak siswa untuk mengamati dan menebak, apakah yang membuat bentuk geometris dan bentuk organik berbeda? 
  • Minta siswa untuk menutup mata dan membayangkan rumahnya. Angkat tangan dan sebutkan benda apa yang ia ingat, saat guru menyebutkan nama-nama bentuk. Misalnya: saat guru menyebutkan “segiempat”, maka siswa bisa menyebutkan “pintu” atau ”TV” atau “talenan”.

Aktivitas 

  • Siswa membuat gambar imajinasi tentang rumah atau truk. Mereka dapat memilih dengan memberikan alasannya masing-masing. Motivasi mereka untuk menggunakan berbagai macam jenis garis dan berbagai macam bentuk. 
  • Bantu siswa untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya secara detail, termasuk menggambar benda-benda yang kecil seperti pegangan pintu, pot bunga, bemper, lampu belakang, lubang bahan bakar dll.

Pengayaan

 Guru dapat memberikan tantangan lebih dengan: 
  • Mengintegrasikan kegiatan berhitung, misalnya: “Coba atur agar bentuk geometris yang kamu gambar lebih banyak daripada bentuk organik,” 
  • Mengamati kain tenun tradisional, lalu mengajak anak untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk geometris pada elemen dekoratif kain tenun tersebut.

Berpikir & Bekerja Artistik 

Pertanyaan esensial 
  • Apakah yang paling kamu sukai dari karyamu? Kenapa kamu menyukainya? 
  • Darimana kamu mendapatkan idemu? Apa atau siapa yang menjadi inspirasimu?

Karya Seni Yang Dapat Dijadikan Referensi Visual: 

  • Motif pada ubin klasik Jogja 
  • Karya Piet Mondrian: Broadway Boogie Woogie (1942-1943) 
  • Karya-karya WPAP (Wedha Pop-Art Portrait) dari inpirasi karya Wedha Abdul Rashid 
  • Karya Krasner: Blue Square (1939-1943)

Penutup

Demikanlah pembahasan mengenai Kegiatan 4 Garis Membuat Bentuk Seni Rupa Kelas 1 SD yang dapat kuncijawaban.id bagikan untuk sahabat guru merdeka sekalian. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar