Kegiatan 3 Garis yang Menunjukkan Gerakan, Seni Rupa Kelas 1 SD
Daftar Isi
Kegiatan 3 Garis yang Menunjukkan Gerakan, Seni Rupa Kelas 1 SD - Halo sahabat Guru, Apakah sahabat guru sekalian sudah siap untuk mengajarkan Kegiatan 3 Garis yang Menunjukkan Gerakan, Seni Rupa Kelas 1 SD?
Sebagai awal, Sahabat Guru bisa menjelaskan. Lihatlah semua garis ini. Semua menunjukkan gerakan. Mari gerakkan jari atau tanganmu mengikuti garisnya. Garis seperti apa yang kamu rasakan? Sekarang pejamkan matamu. Dengarkan lagu yang diputarkan gurumu. Gerakkan tanganmu mengikuti irama lagu. Garis seperti apa yang kamu dapatkan?
Kegiatan 3 Garis yang Menunjukkan Gerakan
Elemen Dan Sub-Elemen Capaian
Mengalami
A.1. Mengalami, merasakan,
merespon, dan bereksperimen
dengan aneka sumber.
A.2 Eksplorasi aneka media
dan proses.
Menciptakan
C.1 Mempelajari bagaimana
menggunakan berbagai media
(pensil/krayon).
C.2 Memilih, menggunakan
dan/atau menerapkan aneka
media yang sesuai dengan
tujuan tertentu.
Baca Juga: Kegiatan 2 Aneka Garis, Seni Rupa Kelas 1 SD
Profil Pelajar Pancasila
- Mandiri: Regulasi: Saya dapat menyelesaikan tugas-tugas dalam waktu yang telah disepakati.
- Kreatif: Menghasilkan gagasan dan karya yang orisinal: Saya mencari inspirasi untuk membantu memunculkan ide-ide sendiri; Saya dapat menghubungkan gagasangagasan yang ada dalam merespon dan membuat karya seni.
Tujuan Pembelajaran Kegiatan 3
- Siswa mampu merasakan arah dan gerakan yang direpresentasikan oleh garis.
- Siswa mengeksplorasi garis dalam hubungannya dengan musik dan perasaan
Alat Bahan
- Kertas
- Pensil/krayon/arang/ pulpen/spidol dan lain-lain; murid dipersilahkan memilih dan mencoba alat yang berbeda saat berkreasi.
- Beberapa jenis lagu dengan irama yang bervariasi: keroncong, dangdut, rock, klasik, gamelan, dll.
Eksplorasi
- Ajak siswa untuk menelusuri garis yang ada pada gambargambar pada modul murid.
- Bentuk garis seperti apakah yang dirasakan? Apakah garis tersebut statis atau dinamis?
- Ajak siswa untuk membayangkan bentuk garis yang terbentuk dari gerakan seperti kertas yang melayang di udara, ikan yang berenang di kolam, ular yang merayap pada pasir, dan lain-lain. Benda-benda lain apakah di sekelilingmu yang bisa kamu gambarkan gerakannya dengan beberapa macam garis?
Aktivitas
- Siapkan kertas. Sediakan berbagai macam alat gambar yang dapat dipilih oleh anak. Jenisnya usahakan beragam, dari yang bisa membuat garis dengan berbagai macam ketebalan, dan garis dengan berbagai macam warna.
- Berikan penjelasan pada siswa bahwa akan ada beberapa jenis musik yang didengarkan bersama-sama.
- Dengan menutup mata saat mendengarkan lagu tertentu, ajak siswa untuk membayangkan bagaimana bentuk garis yang terbentuk dengan irama tersebut. Variasikan dengan beberapa lagu lainnya.
- Minta siswa untuk membuka mata. Perdengarkan kembali lagu-lagu tersebut, lalu ajak mereka untuk menggambarkannya di kertas. Persilakan anak untuk mengganti alat gambarnya, jika mereka merasa perlu menggantinya agar garis yang digambar sesuai dengan irama musik yang didengar.
Pengayaan
Jika memungkinkan untuk menyediakan krayon dan cat
air, siswa dapat mencoba teknik wax-resistant (tahan lilin).
Gunakan krayon untuk menggambar garis-garis tersebut.
Setelah itu, sapukan cat air. Amati apa yang terjadi dengan cat
air pada bagian garis yang digambar dengan krayon.
Berpikir & Bekerja Artistik
Integrasi Seni Rupa dan Seni Tari:
Ajak siswa untuk menari mengikuti musik, dan
membayangkan jejak garis-garis apa yang terbentuk, Minta
mereka untuk membandingkan garis-garis yang mungkin
terbentuk oleh tarian yang diiringi oleh musik gamelan Bali,
dibandingkan dengan musik seruling Sunda.
Karya Seni Yang Dapat Dijadikan Referensi Visual:
- Karya Zaky Arifin: Conundrum #1 (2014)
- Karya-karya ilusi optik seniman Bridget Riley: Descending (1965-1966)
- Karya Wassily Kandinsky: Transverse Line (1923)
- Karya Kartika Affandi: Fishing Boat Perahu Eretan (1993)
Posting Komentar