Kegiatan 2 Aneka Garis, Seni Rupa Kelas 1 SD

Daftar Isi
Kegiatan 2 Aneka Garis, Seni Rupa Kelas 1 SD - Halo sahabat Guru, Apakah sahabat guru sekalian sudah siap untuk mengajarkan Kegiatan 2 Aneka Garis, Seni Rupa Kelas 1 SD?

Sebagai awal, Sahabat guru bisa mengajak untuk mengamati. Yuk amati elemen garis pada gambar-gambar berikut ini. Dapatkah kamu menemukan garis lurus? Garis lengkung? Garis spiral? Garis tebal dan tipis?


Baca Juga: Kegiatan 1 Seni di Sekitarku Seni Rupa Kelas 1 SD

Kegiatan 2 Aneka Garis

Elemen Dan Sub-Elemen Capaian 

Mengalami Menciptakan C.1 Mempelajari bagaimana menggunakan berbagai media (pensil/krayon). Merefleksikan R.1 Menghargai pengalaman dan pembelajaran artistik. 

Profil Pelajar Pancasila 

  • Kreatif: Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal: Saya dapat mengaplikasikan ide baru sesuai dengan konteksnya untuk mengatasi persoalan. 
  • Bernalar Kiritis: Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan: Saya dapat menggunakan kosakata seni. 

Tujuan Pembelajaran Kegiatan 2 

  • Siswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis garis, pada gambar ataupun pada benda-benda di sekitarnya. 
  • Siswa dapat menggambar sebuah pohon dengan menggunakan beberapa macam garis. 
  • Siswa membandingkan dan mengambil kesimpulan tentang arti garis tipis dan garis tebal yang ditemukan pada pohon. 

Alat Bahan 

  • Kertas 
  • Pensil/krayon 
  • Jendela bidik (viewfinder). 
Cara membuatnya: siapkan bekas kotak susu atau kotak makanan. Potong seperti bentuk di bawah ini.

Eksplorasi 

Ingatkan agar siswa percaya diri dan bangga akan karyanya sendiri. Setiap siswa unik, sehingga gambar yang dihasilkan masing-masing orang pun unik. 

Aktivitas 

  1. Ajak siswa untuk membaca tulisan pada modul murid. 
  2. Bandingkan gambar-gambar yang diberikan. Fokus perhatian pada elemen garis. Apa persamaannya? Apa perbedaannya? 
  3. Ajak siswa untuk menggunakan jendela bidik yang telah dipersiapkan. Biarkan mereka berkeliling untuk mencari berbagai jenis garis dari benda-benda di sekitar mereka. 
  4. Jelaskan bahwa siswa akan memperlihatkan pemahamannya tentang garis dengan menggambar sebuah pohon. Bisa pohon imajinatif, ataupun pohon realistis. 
  5. Ingatkan siswa untuk menggunakan seluruh area kertas, menggunakan garis yang bervariasi untuk menggambar bagian akar, batang, dahan, ranting. Tambahkan detail lainnya jika perlu: rumput, burung, tupai, awan. 

Pengayaan 

Ajak siswa untuk membayangkan dirinya sebagai sebuah pohon. Apa yang terjadi ketika pohon tumbuh? Bayangkan biji di dalam tanah tumbuh menjadi tunas, muncul ke permukaan tanah, makin lama makin tinggi, dahan dan rantingnya pun makin besar/ Bayangkan pohon tersebut menyapa matahari pagi yang memberinya sinar untuk tumbuh. Bayangkan apa yang terjadi saat hujan datang, atau angin sepoi-sepoi tibatiba berubah menjadi angin yang besar. Bayangkan binatangbinatang yang hidup dan bermain di sekitar pohon itu. 

Berpikir & Bekerja Artistik 

Gallery walk 

Para siswa mendisplay gambar-gambarnya. Berikan kesempatan untuk mereka saling memberikan pendapat atau pertanyaan. 

Pertanyaan esensial 

  • Apa perbedaan cara membuat garis tipis dan garis tebal? 
  • Bagaimana kamu dapat membandingkan ranting yang tebal dan ranting yang tipis? 

Karya Seni Yang Dapat Dijadikan Referensi Visual: 

  • Karya lukisan Adi Dharma aka stereoflow: Beats and Pieces (2017) 
  • Karya lukisan Barli Sasmitawinata: Dua Gadis (2000) 
  • Karya lukisan Krasner: Untitled (1948)

Demikanlah Kegiatan 2 Aneka Garis, Seni Rupa Kelas 1 SD yang dapat kuncijawaban.id bagikan untuk sahabat guru merdeka sekalian. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar