Kegiatan 18 Membuat Campuran Warna Gelap dan Warna Terang
Daftar Isi
Kegiatan 18 Membuat Campuran Warna Gelap dan Warna Terang - Halo sahabat guru, Apakah Sahabat Guru sudah siap untuk mengajarkan Kegiatan 18 Membuat Campuran Warna Gelap dan Warna Terang?
Kegiatan 18 Membuat Campuran Warna Gelap dan Warna Terang
Elemen Dan Sub-Elemen Capaian
Mengalami
A.2 Eksplorasi aneka media
dan proses.
A.3 Mengamati, merekam dan
mengumpulkan pengalaman
dan informasi rupa.
Menciptakan
C.2 Memilih, menggunakan
dan/atau menerapkan aneka
media yang sesuai dengan
tujuan tertentu.
Merefleksikan
R.1 Menghargai dan memahami
pengalaman estetik dan
pembelajaran artistik.
Berpikir dan Bekerja Artistik
BBA.2 Memiliki kepekaan untuk
merespon dan menyambut
tantangan dan kesempatan di
lingkungannya.
Profil Pelajar Pancasila
- Kreatif: Menghasilkan karya yang orisinal: Saya dapat menghubungkan gagasangagasan yang ada dalam merespon dan membuat karya seni.
- Bernalar Kritis: Memproses informasi dan gagasan: Saya menunjukkan rasa ingin tahu dan dapat bertanya untuk membantu pemahaman saya dalam seni.
- Mandiri: Regulasi diri: Saya dapat bersabar, karena saya memahami bahwa karya seni yang berkualitas memerlukan waktu untuk menyelesaikannya.
Tujuan Pembelajaran Kegiatan 18
- Siswa mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Lukisan, Warna Terang, Warna Gelap, Outline (garis tebal yang memperjelas sebuah bentuk)
- Siswa dapat melihat dan merasakan berbagai gradasi warna.
- Siswa dapat membuat sebuah lukisan yang didominasi dengan warna terang, dan menggunakan warna gelap untuk detail bagian.
Alat Bahan
- Kertas gambar yang agak tebal yang sesuai untuk melukis dengan cat. Masing-masing siswa bisa mendapatkan lebih dari 1 kertas agar ia berkesempatan untuk banyak mencoba mencampur warna.
- Kuas cat air
- Cat air atau cat tempera
- Alas meja (kertas koran atau taplak plastik)
- Wadah air
- Kain lap
- Kipas atau buku untuk mengipas (untuk mempercepat cat mengering)
Eksplorasi
- Tunjukkan beberapa karya seni yang bisa dijadikan referensi bagi siswa. Diskusikan di kelas. Apakah kamu melihat warna terang? Jika ada, apakah fungsi garis hitam tebal pada lukisan tersebut?
- Persiapkan siswa untuk bekerja dengan pewarna basah. Jelaskan karakteristik pewarna yang akan digunakan (lihat bagian pengenalan alat dan bahan di bagian awal panduan khusus). Siapkan akses pada air untuk kegiatan membersihkan diri setelah kegiatan.
- Guru memberikan contoh bagaimana mencampur warna menjadi warna lebih gelap (lihat langkah-langkahnya pada gambar). Proses ini juga bisa dilakukan secara berlawanan. Dimulai dengan memilih satu warna, lalu menambahkan warna putih sedikit-sedikit.
- Ajak siswa untuk berani mencoba mencampur warna sendiri dan membuat koleksi warna pada kertasnya. Apakah warnanya menjadi lebih terang? Atau terlalu terang? Apa yang perlu disesuaikan?
- Ingatkan siswa untuk menjaga agarnya kuasnya dibersihkan terlebih dahulu sebelum mengambil warna cat yang lain. Air di dalam wadah air pun harus selalu bersih.
- Siswa dapat menciptakan warna favoritnya dan memberi nama yang unik padanya atau memberi keterangan tentang apa yang ia asosiasikan dengan warna favorit tersebut (lihat ilustrasi).
Aktivitas
- Jelaskan pada siswa bahwa mereka akan berbagi warna di dalam kelompoknya. Jelaskan juga pada siswa bahwa ia perlu bersabar untuk menunggu warna yang sebelumnya kering, sebelum ia bisa mewarnai warna selanjutnya yang bersisian dengan warna pertama. Sisa bisa menggunakan buku atau kipas untuk mengipasi karyanya agar cepat kering.
- Minta siswa untuk menggunakan warna-warna terang dalam membuat lukisannya. Mereka bisa menentukan sendiri topiknya. Ia juga bisa memilih untuk tidak memiliki topik, sehingga ia akan bermain dengan bentuk-bentuk yang berdampingan dan berbeda warna pada karya yang dibuatnya.
- Setelah seluruh bagian kertas tertutup warna, biarkan sampai seluruh bagian kertas mengering. Setelah itu siswa bisa mengakses cat warna hitam untuk menggambarkan detail-detail bagian pada lukisannya, dengan menggunakan kuas yang kecil agar lebih mudah dikontrol.
- Ajak siswa untuk bekerja sama membersihkan area kerjanya, jangan ada air yang tertinggal di lantai untuk menghindari kejadian terpeleset
Pengayaan
Siswa dapat mencoba membuat gradasi warna dimana ia dapat
membuat batas antara warna menjadi kabur.
Berpikir & Bekerja Artistik
Dalam bekerja dengan cat untuk menghasilkan karya seni, siswa
belajar untuk meluangkan waktu cukup dan tidak terburu-buru, agar
hasil akhirnya nanti bisa berkualitas baik. Diskusikan dengan siswa,
bagaimana sikap ini juga bisa diaplikasikan di area pelajaran lain dan
juga di dalam kehidupan sehari-hari.
Karya Seni Yang Dapat Dijadikan Referensi Visual:
- Karya lukisan Paul Klee: Park Near Lucerne (11938)
- Karya lukisan Eddie Hara: Joyful Rites of Spring I (2017)
- Karya lukisan Restu Taufik Akbar: Invisible Forest: Crossing To the Truth (2017)
- Karya lukisan Pablo Picasso: Girl Before a Mirror (1932)
Posting Komentar