Kegiatan 17 Warna Primer dan Warna Sekunder, Seni Rupa Kelas 1 SD
Daftar Isi
Kegiatan 17 Warna Primer dan Warna Sekunder
Elemen Dan Sub-Elemen Capaian
Mengalami
A.2 Eksplorasi aneka media dan
proses.
A.2 Eksplorasi aneka media,
bahan, alat, teknologi dan proses.
Menciptakan
C.3 Memilih, menggunakan dan/
atau menggabungkan aneka
media, bahan, alat, teknologi dan
proses yang sesuai dengan tujuan
karyanya.
Merefleksikan
R.1 Menghargai dan memahami
pengalaman estetik dan
pembelajaran artistik.
Profil Pelajar Pancasila
- Kreatif: Menghasilkan karya dan tindakan yang original: Saya mencoba untuk tidak menciptakan hal yang sama dengan cara yang sama sepanjang waktu; Saya mengklarifikasi dan mempertanyakan banyak hal.
- Bergotong Royong: Kolaborasi: Saya berpartisipasi dalam diskusi kelas.
- Bergotong Royong: Berbagi: Saya menggunakan alat bahan bersama dengan benar dan menyimpannya kembali pada tempatnya; Saya berbagi materi dengan teman sekelas saya; Saya berbagi informasi tentang riset saya tentang seni.
Tujuan Pembelajaran Kegiatan 17
- Siswa mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Campur, Warna Primer. Warna Sekunder.
- Siswa dapat menggunakan krayon minyak dengan krayon dalam posisi tidur dan posisi berdiri.
- Siswa dapat mengeksplorasi proses pencampuran warna dan menemukan berbagai macam warna sebagai hasilnya.
Alat Bahan
- Kertas
- Krayon minyak (Oil Pastel)
- Pewarna makanan dengan warna merah, kuning dan biru
- Botol-botol kaca (seperti bekas selai) untuk wadah eksperimen mencampur warna.
Eksplorasi
- Ajak siswa untuk memperhatikan diagram warna. Minta mereka untuk memperhatikan sekeliling mereka dan menyebutkan jenis warna yang mereka lihat.
- Guru mempersiapkan botol-botol kaca dan membagi siswa ke dalam kelompok kecil @4-5 orang. Minta mereka untuk mencoba mencampur warna primer untuk mendapatkan warna sekunder. Bangun diskusi untuk menekankan pentingnya eksperimen dan observasi. Siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara bergiliran dan temannya bisa menyatakan setuju atau tidak setuju.
Aktivitas
- Guru memberikan model bagaimana menggunakan krayon dalam posisi tidur dan posisi berdiri.
- Pada kertas yang dibagikan, siswa menggunakan krayon dalam posisi tidur dan membubuhkan warna primer ke dalam 3 baris seperti yang diilustrasikan di gambar A. Setelah itu siswa akan menumpuk warna dengan warna primer ke dalam 3 kolom seperti yang diilustrasikan di gambar B.
- Ajak siswa untuk memperhatikan proses yang mereka lakukan. Jika semua siswa menggunakan warna primer yang sama, apakah setiap orang kemudian akan mendapatkan warna sekunder yang sama? Mengapa?
- Siswa dapat mengulang proses ini beberapa kali. Kemudian mereka dapat menggunting kotak-kotak warna tersebut dan mengelompokkannya. Apa yang bisa diobservasi saat warna-warna tersebut dikelompokkan?
Pengayaan
Siswa kemudian dapat menggunakan potongan-potongan
kertas warna tersebut menjadi kolase yang imajinatif. Mereka
dapat melengkapi kolase tersebut dengan alat gambar lain
yang mereka miliki.
Berpikir & Bekerja Artistik
Model Rotasi Stasiun
Saat siswa sedang melakukan proses kreatifnya, minta siswa
untuk bergantian berkeliling kelas dan mengobservasi apa
yang sedang dilakukan temannya. Mereka dapat memberikan
pujian yang spesifik. Minta siswa untuk tidak memberikan
komentar negatif, tapi mereka perlu memberikan pertanyaan
untuk mengklarifikasi apa yang mereka lihat.
Pertanyaan Esensial:
- Apakah ada hubungannya antara Warna Primer, Sekunder, Warna Panas, Warna Dingin dan Warna Netral?
- Darimana kamu mendapatkan idemu? Apa atau siapa yang menjadi inspirasimu?
- Apa yang bisa dianggap sebagai keberhasilan dari karya ini? Apa yang belum?
Karya Seni Yang Dapat Dijadikan Referensi Visual:
- Karya lukisan Robert Delaunay: Rhythm (1912)
- Karya lukisan Bunga Yuridespita: Space and Memories (2017)
Posting Komentar