Kegiatan 15 Bentuk Pada Wajah, Seni Rupa Kelas 1 SD
Daftar Isi
Kegiatan 15 Bentuk Pada Wajah, Seni Rupa Kelas 1 SD - Halo sahabat guru, Apakah Sahabat Guru sudah siap untuk mengajarkan Kegiatan 15 Bentuk Pada Wajah, Seni Rupa Kelas 1 SD?
Kegiatan 15 Bentuk Pada Wajah
Elemen Dan Sub-Elemen Capaian
Mengalami
A.2 Eksplorasi aneka media,
bahan, alat, teknologi dan
proses.
A.3 Mengamati, merekam dan
mengumpulkan pengalaman
dan informasi rupa.
Menciptakan
C.1 Menggunakan aneka media,
bahan, alat, teknologi dan
proses dengan keterampilan,
kemandirian dan keluwesan
yang makin meningkat
untuk menciptakan atau
mengembangkan karyanya.
Profil Pelajar Pancasila
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan Berakhlak
Mulia : Akhlak kepada manusia;
Saya dapat menghargai
perbedaan dan mengutamakan
persamaan dan kemanusiaan;
Saya menolak prasangka
buruk, diskriminasi, intoleransi,
dan kekerasan terhadap
sesama manusia, Saya dapat
mengekspresikan empati.
Tujuan Pembelajaran Kegiatan 15
- Siswa mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Wajah, Muka, Rupa, Ekspresi, Karakteristik, Ciri-Ciri.
- Siswa mengenali persamaan dan perbedaan karakteristik wajahnya dan teman-teman sekelasnya.
- Siswa mampu mengenali bentuk dasar geometris/ non geometris dan menggunakan garis untuk menggambar atau membuat kolase untuk membuat potret wajah sendiri atau orang lain.
Alat Bahan
- Kertas
- Pensil dan alat pewarna
- Alternatif : kertas warna, gunting, lem dan kertas
Eksplorasi
- Siswa akan berdiskusi berpasangan. Mereka bergantian menyebutkan ciri fisik dirinya. Siswa hanya boleh menggunakan kata yang berhubungan dengan garis, bentuk atau bidang dan warna (contoh : saya memiliki wajah bulat telur, rambut saya ikal, hidung saya lancip/bulat dll). Mereka dilarang menyebutkan kata sifat seperti bagus, jelek, biasa-biasa saja dll yang bersifat penilaian pribadi.
- Siswa akan berbagi dengan pasangan diskusinya mengenai hal-hal yang mereka sukai dari dirinya sendiri.
- Guru akan memandu pengarahan mengenai diskusi sebelumnya. Apa yang menjadikan seseorang unik, berbeda dengan yang lainnya? Semua orang diciptakan Tuhan sempurna apa adanya. Bahkan jika ada kemampuan yang berbeda dari yang lainnya, misalnya tidak dapat melihat, mendengar atau berjalan seperti kebanyakan orang. Guru dapat meminta 2-3 siswa untuk berbagi mengenai hal-hal yang mereka sukai dari dirinya sendiri.
Aktivitas
- Siswa menggambar atau membuat kolase untuk membuat potret wajah sendiri atau orang lain.
- Siswa dapat memulai dari bentuk wajah mereka. Apakah bulat? Oval? Sedikit persegi atau berbentuk seperti hati?
- Siswa diminta menggambarkan wajahnya sendiri dan/atau anggota keluarganya.
- Siswa menambahkan detail dan mewarnai gambarnya.
- Siswa membersihkan ruang kerja mereka dan memberi nama di bagian bawah karyanya. Anda dapat langsung memberikan penilaian saat siswa mengerjakan atau sesaat segera setelah selesai.
Pengayaan
Siswa dapat menggunakan teknik kolase untuk membuat
bentuk-bentuk dalam wajah. Mereka akan menggunting kertas
lipat dengan warna yang berbeda-beda untuk setiap bagian
wajah.
Berpikir & Bekerja Artistik
Gallery walk
Display hasil karya siswa dan berikan kesempatan mereka
untuk saling memberikan umpan balik atau pertanyaan.
Pertanyaan esensial
- Bagian mana dari badanmu yang paling kamu sukai?
- Apakah yang membedakan wajahmu dengan temanteman yang lain? Siapakah orang yang karakteristik wajahnya paling mirip denganmu?
Karya Seni Yang Dapat Dijadikan Referensi Visual:
- Karya lukisan Barli Sasmitawinata: Gadis Desa (1998)
- Karya lukisan Jeihan Sukmantoro: Wajah
- Karya lukisan Frida Kahlo: Self-Portrait with Thorn Necklace and Hummingbird (1940)
- Karya kolase Ernest Crichlow: Woman in Yellow Dress (1980)
Posting Komentar