Kegiatan 15 Bentuk Pada Wajah, Seni Rupa Kelas 1 SD

Daftar Isi
Kegiatan 15 Bentuk Pada Wajah, Seni Rupa Kelas 1 SD

Kegiatan 15 Bentuk Pada Wajah, Seni Rupa Kelas 1 SD - Halo sahabat guru, Apakah Sahabat Guru sudah siap untuk mengajarkan Kegiatan 15 Bentuk Pada Wajah, Seni Rupa Kelas 1 SD?

Kegiatan 15 Bentuk Pada Wajah

Elemen Dan Sub-Elemen Capaian 

Mengalami 

A.2 Eksplorasi aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses. 
A.3 Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi rupa. 

Menciptakan 

C.1 Menggunakan aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses dengan keterampilan, kemandirian dan keluwesan yang makin meningkat untuk menciptakan atau mengembangkan karyanya.

Profil Pelajar Pancasila 

Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia : Akhlak kepada manusia; Saya dapat menghargai perbedaan dan mengutamakan persamaan dan kemanusiaan; Saya menolak prasangka buruk, diskriminasi, intoleransi, dan kekerasan terhadap sesama manusia, Saya dapat mengekspresikan empati.

Tujuan Pembelajaran Kegiatan 15 

  • Siswa mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Wajah, Muka, Rupa, Ekspresi, Karakteristik, Ciri-Ciri.
  • Siswa mengenali persamaan dan perbedaan karakteristik wajahnya dan teman-teman sekelasnya. 
  • Siswa mampu mengenali bentuk dasar geometris/ non geometris dan menggunakan garis untuk menggambar atau membuat kolase untuk membuat potret wajah sendiri atau orang lain.

Alat Bahan 

  • Kertas 
  • Pensil dan alat pewarna 
  • Alternatif : kertas warna, gunting, lem dan kertas

Eksplorasi 

  • Siswa akan berdiskusi berpasangan. Mereka bergantian menyebutkan ciri fisik dirinya. Siswa hanya boleh menggunakan kata yang berhubungan dengan garis, bentuk atau bidang dan warna (contoh : saya memiliki wajah bulat telur, rambut saya ikal, hidung saya lancip/bulat dll). Mereka dilarang menyebutkan kata sifat seperti bagus, jelek, biasa-biasa saja dll yang bersifat penilaian pribadi. 
  • Siswa akan berbagi dengan pasangan diskusinya mengenai hal-hal yang mereka sukai dari dirinya sendiri. 
  • Guru akan memandu pengarahan mengenai diskusi sebelumnya. Apa yang menjadikan seseorang unik, berbeda dengan yang lainnya? Semua orang diciptakan Tuhan sempurna apa adanya. Bahkan jika ada kemampuan yang berbeda dari yang lainnya, misalnya tidak dapat melihat, mendengar atau berjalan seperti kebanyakan orang. Guru dapat meminta 2-3 siswa untuk berbagi mengenai hal-hal yang mereka sukai dari dirinya sendiri.

Aktivitas 

  1. Siswa menggambar atau membuat kolase untuk membuat potret wajah sendiri atau orang lain. 
  2. Siswa dapat memulai dari bentuk wajah mereka. Apakah bulat? Oval? Sedikit persegi atau berbentuk seperti hati? 
  3. Siswa diminta menggambarkan wajahnya sendiri dan/atau anggota keluarganya. 
  4. Siswa menambahkan detail dan mewarnai gambarnya. 
  5. Siswa membersihkan ruang kerja mereka dan memberi nama di bagian bawah karyanya. Anda dapat langsung memberikan penilaian saat siswa mengerjakan atau sesaat segera setelah selesai.

Pengayaan 

Siswa dapat menggunakan teknik kolase untuk membuat bentuk-bentuk dalam wajah. Mereka akan menggunting kertas lipat dengan warna yang berbeda-beda untuk setiap bagian wajah.


Berpikir & Bekerja Artistik 

Gallery walk Display hasil karya siswa dan berikan kesempatan mereka untuk saling memberikan umpan balik atau pertanyaan. 

Pertanyaan esensial 

  • Bagian mana dari badanmu yang paling kamu sukai? 
  • Apakah yang membedakan wajahmu dengan temanteman yang lain? Siapakah orang yang karakteristik wajahnya paling mirip denganmu? 

Karya Seni Yang Dapat Dijadikan Referensi Visual: 

  • Karya lukisan Barli Sasmitawinata: Gadis Desa (1998) 
  • Karya lukisan Jeihan Sukmantoro: Wajah 
  • Karya lukisan Frida Kahlo: Self-Portrait with Thorn Necklace and Hummingbird (1940) 
  • Karya kolase Ernest Crichlow: Woman in Yellow Dress (1980) 

Penutup

Demikanlah pembahasan mengenai Kegiatan 15 Bentuk Pada Wajah, Seni Rupa Kelas 1 SD yang dapat kuncijawaban.id bagikan untuk sahabat guru merdeka sekalian. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar