Kegiatan 14 Tekstur dan Pola, Seni Rupa Kelas 1 SD
Daftar Isi
Kegiatan 14 Tekstur dan Pola, Seni Rupa Kelas 1 SD - Halo sahabat guru, Apakah Sahabat Guru sudah siap untuk mengajarkan Kegiatan 14 Tekstur dan Pola, Seni Rupa Kelas 1 SD?
Sebelum memulai, sahabat guru bisa menanyakan beberapa hal berikut. Apakah kamu dapat menebak tekstur benda-benda berikut ini?
Benda apa yang permukaannya terasa kasar?
Benda apa yang permukaannya terasa halus?
Coba raba benda-benda di sekitarmu.
Bagaimana tekstur mereka?
Kegiatan 14 Tekstur dan Pola
Elemen Dan Sub-Elemen Capaian
Mengalami
A.3 Mengamati, merekam dan
mengumpulkan pengalaman
dan informasi rupa.
Menciptakan
C.1 Mempelajari bagaimana
menggunakan aneka
aneka media, bahan, alat,
teknologi dan proses dengan
keterampilan dan keluwesan
yang makin meningkat.
C.2 Merekonstruksi bentuk
sesuai dengan makna visual
dan makna simbolik karya seni
rupa dalam berbagai aliran,
gaya serta visi penciptaan.
Profil Pelajar Pancasila
- Bernalar Kritis: Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan: Saya mempelajari berbagai keterampilan dan teknik seni.
- Bernalar Kritis: Refleksi pemikiran dan proses berpikir; Saya memikirkan strategi agar cara saya belajar dan berkarya bisa lebih baik.
Tujuan Pembelajaran Kegiatan 14
- Siswa mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Tekstur, Kasar, Halus, Bergerigi, Berbulu, Licin.
- Siswa mampu mengenali dan menggunakan tekstur yang didapat dari lingkungan sekitar ke dalam karyanya.
Alat Bahan
- Kertas
- Pewarna kering berupa pensil, pensil warna atau krayon.
- Benda apapun yang bertekstur kasar.
Eksplorasi
- Ajak siswa untuk bermain “Berburu Tekstur”, dengan cara mencari benda-benda dengan tekstur yang berbeda-beda di sekitarnya. Guru juga dapat menyediakan beberapa pilihan benda seperti batu, ranting, daun atau benda bertekstur lainnya. Siswa meraba benda-benda tersebut dan mengkategorikannya ke dalam tekstur kasar atau halus.
- Guru dapat menyediakan lembaran berisi hasil gosokan pada permukaan bertekstur kasar. Misalnya hasil gosokan koin atau sol sepatunya pada kertas.
- Berikan contoh bagaimana mendapatkan tekstur dengan teknik menggosok tersebut. Letakkan benda bertekstur kasar tepat di bagian bawah gambar yang akan diwarnai. Kemudian warnai bagian tersebut dengan menggunakan pensil warna atau krayon.
Aktivitas
- Siswa akan membuat sebuah gambar. Minta mereka untuk membuat gambarnya cukup besar dan berada di tengah kertas. Tujuannya agar mereka memiliki ruang cukup luas untuk menunjukkan hasil gosokan teksturnya.
- Setelah menggambar, mereka akan mewarnai bagian yang diinginkan dengan cara menerap
Pengayaan
- Untuk kegiatan pendahuluan, siswa dapat melakukan permainan menebak benda. Mereka akan melakukannya dengan mata tertutup kemudian menebak benda berdasarkan bentuk dan teksturnya.
- Siswa dapat mewarnai kertas secara acak terlebih dahulu, kemudian mengguntingnya menjadi bentuk-bentuk yang diinginkan dan dirangkai menjadi kolase .
Berpikir & Bekerja Artistik
Gallery walk: Display hasil karya siswa dan berikan
kesempatan mereka untuk saling memberikan umpan balik
atau pertanyaan.
Pertanyaan esensial
- Darimana kamu mendapatkan tekstur untuk karyamu?
- Apakah pilihan warnamu dapat memperlihatkan tekstur dengan jelas?
Karya Seni Yang Dapat Dijadikan Referensi Visual:
- Karya patung Nyoman Nuarta: Ku Yakin Sampai Di Sini (2012)
- Karya macrame Agnes Hansella
- Karya perhiasan Klar Access
Posting Komentar