Kegiatan 13 Lebih Jauh Tentang Garis, Seni Rupa Kelas 1 SD
Daftar Isi
Kegiatan 13 Lebih Jauh Tentang Garis
Elemen Dan Sub-Elemen Capaian
Mengalami
A.1 Mengalami, merasakan,
merespon dan bereksperimen
dengan aneka sumber,
termasuk karya seni rupa dari
berbagai budaya dan era.
Menciptakan
C.2 Merekonstruksi bentuk
sesuai dengan makna visual
dan makna simbolik karya seni
rupa dalam berbagai aliran,
gaya serta visi penciptaan
C.3 Memilih, menggunakan
dan/atau menggabungkan
aneka media, bahan, alat,
teknologi dan proses yang
sesuai dengan tujuan karyanya.
Profil Pelajar Pancasila
- Kreatif: Menghasilkan gagasan yang orisinal; Saya dapat menghasilkan gagasan atau ide yang orisinil.
- Kreatif: Menghasilkan karya dan tindakan yang original; Saya mau mencoba dan menggunakan materi baru dan mencoba teknik baru. Saya mencoba untuk tidak menciptakan hal yang sama dengan cara yang sama sepanjang waktu.
- Bernalar Kritis : Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan; Saya belajar tentang seniman yang berbeda dan periode waktu dalam sejarah seni.
Tujuan Pembelajaran Kegiatan 13
- Siswa mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Lengkung, Kurva, Bergelombang, Spiral, Garis Rangka/Outline.
- Siswa mengidentifikasi garis dan bidang dalam sebuah gambar/ lukisan dan alam sekitar.
- Siswa dapat menggunakan garis lengkung dan bidang atau garis lurus dan bidang dalam karyanya.
- Siswa menciptakan karya menggunakan garis lengkung dan garis lurus.
Alat Bahan
- Kertas
- Pensil dan alat pewarna
Eksplorasi
Siswa mencari contoh-contoh garis lurus dan lengkung di
sekitar mereka.
Aktivitas
- Jelaskan bahwa dalam kegiatan kali ini, siswa diminta membuat dua buah gambar. Pada gambar pertama, siswa menggunakan banyak garis dan bidang lurus (tidak harus menggunakan penggaris). Pada gambar kedua, siswa menggunakan banyak garis dan bidang lengkung.
- Siswa dapat mengisi beberapa bidang yang terbentuk dengan pola tertentu.
- Peragakan bagaimana siswa sebaiknya menggunakan pewarna mereka dengan efisien dan aman. Mereka akan menggunakan pewarna tersebut untuk membuat garis kerangka (outline).
- Siswa membersihkan ruang kerja mereka dan memberi nama di bagian bawah karyanya. Guru dapat langsung memberikan penilaian saat siswa mengerjakan atau sesaat segera setelah selesai.
Pengayaan
- Siswa yang sudah selesai terlebih dahulu dapat mencoba membuat garis dengan menggunakan tangan yang bukan dominan untuk bekerja (misalnya, jika biasa menggunakan tangan kanan, maka dapat menggunakan tangan kiri). Apa yang dirasakan saat membuat garis dengan tangan yang bukan dominan?
- Selain kegiatan menggambar/melukis, siswa dapat menggunakan tali, lempung, plastisin atau batang tanaman rambat yang fleksibel agar bisa dibentuk menjadi garis lurus atau garis lengkung.
Berpikir & Bekerja Artistik
Berbagi: Siswa yang menyukai garis lurus akan
mempresentasikan karyanya bersama-sama, kemudian
bergantian dengan siswa yang menyukai garis lengkung.
Pertanyaan esensial
- Jenis garis apakah yang paling kamu suka?
- Bagaimana segitiga/segi empat terbentuk?
- Bagaimana bentuk bunga ini terjadi?
- Apa bentuk awan yang kamu lihat?
Karya Seni Yang Dapat Dijadikan Referensi Visual:
- Karya Paul Klee, Family Walk, 1930
- Karya Joan Miró, Painting,1933
Posting Komentar