Kegiatan 12 Membuat Model Kota, Seni Rupa Kelas 1 SD

Daftar Isi
Kegiatan 12 Membuat Model Kota, Seni Rupa Kelas 1 SD

Kegiatan 12 Membuat Model Kota, Seni Rupa Kelas 1 SD - Halo sahabat guru, Apakah Sahabat Guru sudah siap untuk mengajarkan Kegiatan 12 Membuat Model Kota, Seni Rupa Kelas 1 SD? 
Sahabat guru bisa memulai dengan menjelaskan beberapa hal berikut. 

Lihatlah model bangunan yang telah kamu buat. Bangunan apakah itu? Apakah bangunan itu memiliki pintu dan jendela? Sekarang ayo bekerja bersama kelompokmu. Aturlah letak model bangunan yang telah kalian buat. Bangunlah model sebuah kota bersama kelompokmu. Beri jalan dan atur jarak antar bangunan. Agar kotamu indah dan menyenangkan.

Kegiatan 12 Membuat Model Kota

Elemen Dan Sub-Elemen Capaian 

Mengalami 

A.2 Eksplorasi aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses. 

Menciptakan 

C.1 Menggunakan aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses dengan keterampilan, kemandirian dan keluwesan yang makin meningkat untuk menciptakan atau mengembangkan karyanya. 
C.3 Memilih, menggunakan dan/atau menggabungkan aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses yang sesuai dengan tujuan karyanya. 

Profil Pelajar Pancasila 

Bergotong Royong : Berkolaborasi ; Saya menghormati ruang dan karya seni teman sekelas saya; Saya membantu teman sekelas saya; Saya bekerja sama dan berkomunikasi untuk mencapai tujuan bersama; Saya dapat berkoordinasi dengan menjadi pemimpin ataupun menjadi yang dipimpin.

Tujuan Pembelajaran Kegiatan 12 

  • Siswa mengidentifikasi bentuk alami/natural dan bentuk buatan manusia. 
  • Siswa memahami bahwa dirinya dapat berperan merancang, merawat dan mengembangkan lingkungannya. 
  • Siswa mampu mengatur model-model 3 dimensional sebuah bangunan menjadi model sebuah lingkungan kota

Alat Bahan 

Model 3 dimensional dari kegiatan sebelumnya (lihatKegiatan 11
  • Semua peralatan dari kegiatan sebelumnya Perekat (lihat Kegiatan 11) 
  • Potongan “pita” kertas dalam berbagai ukuran(dibuat oleh guru) 
  • Alas berupa lembar kardus besar atau area lantai untuk membuat tata kota 
  • Alat tambahan jika diperlukan : sedotan, ranting, kerikil, lempung, pasir dll

Eksplorasi 

  1. Sebisa mungkin ajak siswa untuk mengamati aneka bentuk bangunan di lingkungan sekitar. Ajak mereka mencari bentuk alami/natural seperti pohon, awan atau bebatuan. Bentuk alami adalah segala bentuk ciptaan Tuhan. Kemudian, ajak mereka untuk mencari bentuk yang dibangun oleh manusia. Bantu siswa untuk membedakan antara tempat yang alami (misalnya hutan dan air terjun) dan tempat yang dibangun oleh manusia (misalnya kebun binatang dan air mancur). 
  2. Ajak siswa untuk melihat aneka bangunan, rambu-rambu dan lampu jalanan atau jembatan sebagai seni. Mereka dianggap sebagai seni karena manusia merancang setiap garis, bentuk, bidang, warna, tekstur dan pola perulangannya. Bentuk alami/ natural biasanya tidak dianggap sebagai seni karena tidak diciptakan oleh manusia. 
  3. Rumah, gedung perkantoran, rumah sakit dan rumah ibadah memiliki ciri-ciri dan fungsi yang berbeda. Kota yang baik adalah kota yang memperhatikan kebutuhan seluruh warganya dan membuat kota tersebut nyaman untuk ditinggali. Sebagai warga negara yang baik, semua orang memiliki peran untuk merancang, merawat dan mengembangkan lingkungannya. 
  4. Siswa berdiskusi di kelas tentang model sebuah kota, tentang bagaimana beberapa bangunan di dalam kota saling berhubungan. Siswa dapat berbagi pengalaman tentang setting kota atau desa yang pernah dialaminya sendiri atau dilihatnya di dalam film (misalnya Lego Movie).

Aktivitas 

  1. Siswa dibagi dalam kelompok @4-5 orang. Mereka kemudian membuat rencana sebuah kota ke dalam gambar atau dengan menggunakan plastisin. Ajak siswa untuk memperhatikan besar dan kecilnya ukuran bangunan, jarak antar bangunan, bagaimana hubungan bangunan yang satu dengan yang lain, lokasi taman/ ruang terbuka, jalan dan jembatan jika ada. 
  2. Bagikan model bangunan siswa yang telah diselesaikan di kegiatan sebelumnya. Sediakan waktu sekitar 10 menit bagi para siswa untuk dapat mengatur model bangunan mereka ke dalam denah model kota yang telah anda sediakan. Bantu siswa untuk dapat menempelkan model bangunannya ke alas yang tersedia. 
  3. Peragakan bagaimana siswa dapat memotong dan menggunakan “pita kertas” yang telah anda sediakan sebagai pintu, jendela atau ruas jalan. 
  4. Siswa membersihkan ruang kerja mereka dan memberi nama di bagian bawah karyanya. Anda dapat langsung memberikan penilaian saat siswa mengerjakan atau sesaat segera setelah selesai.

Pengayaan 

Siswa yang sudah selesai terlebih dahulu dapat membuat beberapa tambahan seperti model pohon, bangku taman, lampu, orang, hewan, kendaraan, dsb. 

Berpikir & Bekerja Artistik 

Gallery walk 

Display hasil akhir model kota kelas anda dan ajak siswa untuk memberikan nama bagi model kota karya mereka. Diskusikan bagaimana kenyamanan kota karya mereka berdasarkan tata letaknya.

Pertanyaan esensial

  • Bagian mana dari kota ini yang menurutmu paling menyenangkan? Apa yang membuatmu merasa demikian? 
  • Apa yang membuatmu meletakkan bangunan A di sebelah bangunan B? (misalnya : Apa yang membuatmu meletakkan bangunan sekolah di sebelah taman? Mengapa tidak di sebelah rumah sakit?) 
  • Apakah kamu menyukai kota yang kalian buat? 
  • Tiap tahun Indonesia memberikan piala Adipura untuk kota terbersih. Bayangkan kota itu pasti bebas sampah. 
  • Lingkungannya indah dan rapi. Udaranya bersih untuk dihirup. Kota yang bersih adalah kota yang sehat. 
  • Bagaimana dengan kotamu? Apakah kamu turut menjaga kebersihan kotamu?


 

Posting Komentar