Kegiatan 11 Membuat Model Bangunan, Seni Rupa Kelas 1 SD
Daftar Isi
Kegiatan 11 Membuat Model Bangunan
Elemen Dan Sub-Elemen Capaian
Mengalami
C.2 Memilih, menggunakan
dan/atau menggabungkan
aneka media, bahan, alat,
teknologi dan proses yang
sesuai dengan tujuan karyanya.
Berpikir Dan Bekerja Artistik
BBA.1 Menghasilkan,
mengembangkan,
menciptakan, mereka ulang
dan mengkomunikasikan ide
dengan menggunakan dan
menghubungkan hasil proses
Mengalami, Menciptakan dan
Merefleksikan.
Profil Pelajar Pancasila Beriman,
Bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan Berakhlak
Mulia : Akhlak kepada alam; Saya
memiliki rasa tanggung jawab
terhadap lingkungan alam sekitar.
Tujuan Pembelajaran Kegiatan 11
- Siswa mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Bangunan, Gedung, Rumah, Kediaman, Arsitek (orang yang merancang bangunan), Arsitektur (bentuk hasil rancangan bangunan).
- Siswa dapat mengolah bentuk dan merakit model 3 dimensi sederhana.
- Siswa dapat menggunakan bahan-bahan bekas di sekitarnya.
- Siswa memahami bahwa model 3 dimensional dapat membantu perencanaan bangunan sebenarnya.
Alat Bahan
- Perekat (lem, selotip atau selotip kertas). Guru dapat mempersiapkan selotip di sepanjang sisi meja (bukan diatas koran) agar siswa dapat merobek atau mengambil selotip dengan mudah.
- Gunting dan koran/kain bekas untuk alas penutup meja
- Untuk tiap siswa/grup : 3-4 boks atau kardus bekas kecil, tutup botol, gelas atau botol plastik bekas, kertas bekas atau origami.
Eksplorasi
- Siswa mengamati aneka bentuk bangunan di lingkungan sekitar, misalnya silinder, kerucut, limas atau kotak.
- Siswa mengamati aneka jenis fungsi bangunan. Bangunan apa saja yang penting bagi sebuah komunitas? Bangunan apa yang kita cari saat kita ingin belanja? Saat sedang sakit dan perlu bantuan dokter? Saat belajar bersama teman-teman dan guru? Saat perlu beribadah? Saat perlu berolahraga? Fungsi apa lagi yang penting? Bagaimana bentuk bangunan yang diperlukan oleh fungsi tersebut?
- Siswa mencari tahu tentang bentuk, warna dan detail dari bangunan-bangunan dengan fungsi tertentu.
Aktivitas
- Sebelum mulai, peragakan cara menggunakan lem atau selotip yang efisien.
- Diskusikan dengan murid berbagai bentuk bagian sebuah bangunan (pintu, jendela, atap, tangga dll).
- Bagikan bahan (aneka boks, kardus, gelas dan/atau botol) pada siswa. Ajak mereka untuk bereksperimen dengan tata letak dan padu padan aneka bentuk yang mereka punya.
- Siswa dapat menggambar terlebih dahulu di kertas tentang rencana bangunan yang akan dibuatnya.
- Siswa membungkus atau mengecat atau menggambar pada kardus bekas yang ada. Bantu siswa untuk menggunakan lem pada bidang datar dan selotip pada bentuk yang melengkung. Mereka menambahkan bentuk atau gambar pintu dan jendela pada bangunan yang dibuat. Siswa memberi nama pada bangunan yang mereka rancang.
- Siswa membersihkan ruang kerja mereka dan memberi nama di bagian bawah karyanya. Kumpulkan karya di tempat yang aman sehingga dapat digunakan untuk kegiatan selanjutnya yaitu membuat model kota.
Pengayaan
- Siswa mungkin hanya menggunakan satu buah benda (boks, kardus, gelas dan/atau botol). Ajak mereka untuk membuat detail pada bagian-bagian bangunan, dengan menggambar atau menambah potongan-potongan kertas sebagai jendela atau pintu atau papan nama bangunan misalnya. Jika siswa tidak dapat menggunting selotip karena lengket, guru dapat menyediakan potongan-potongan pendek selotip untuk digunakan di bagian pinggir meja (siswa tinggal mengambil saja).
- Bacaan Siswa bisa dilihat pada bagian Appendix
Berpikir & Bekerja Artistik
Gallery walk: Display gambar rumah yang dibuat siswa dan
sandingkan dengan model 3 dimensionalnya.
Pertanyaan esensial
- Bangunan apakah ini?
- Apa yang bangunan paling indah yang pernah kamu lihat? Dimana letaknya? Seperti apa bentuknya?
- Dari mana kamu mendapatkan ide untuk merancang model bangunanmu?
Posting Komentar