Kegiatan 10 Bentuk Besar Kecil dalam Arsitektur, Seni Rupa Kelas 1 SD

Daftar Isi

Kegiatan 10 Bentuk Besar Kecil dalam Arsitektur, Seni Rupa Kelas 1 SD

Kegiatan 10 Bentuk Besar Kecil dalam Arsitektur, Seni Rupa Kelas 1 SD - Halo sahabat guru, Apakah Sahabat Guru sudah siap untuk mengajarkan Kegiatan 10 Bentuk Besar Kecil dalam Arsitektur, Seni Rupa Kelas 1 SD?

Baca Juga: Kegiatan 9 Bentuk Huruf, Seni Rupa Kelas 1 SD

Kegiatan 10 Bentuk Besar Kecil dalam Arsitektur

Elemen Dan Sub-Elemen Capaian 

Mengalami 

C.2 Memilih, menggunakan dan/atau menggabungkan aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses yang sesuai dengan tujuan karyanya. 

Berpikir dan Bekerja Artistik 

BBA.1 Menghasilkan, mengembangkan, menciptakan, mereka ulang dan mengkomunikasikan ide dengan menggunakan dan menghubungkan hasil proses Mengalami, Menciptakan dan Merefleksikan.

Profil Pelajar Pancasila 

Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia : Akhlak kepada alam; Saya memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan alam sekitar.

Tujuan Pembelajaran Kegiatan 10 

  • Siswa mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Bangunan, Gedung, Rumah, Kediaman, Arsitek (orang yang merancang bangunan), Arsitektur (bentuk hasil rancangan bangunan).
  • Siswa mengamati bentuk, bidang dan ukuran dalam sebuah bangunan

Alat Bahan 

  • Kertas/ Buku Gambar 
  • Pensil dan pewarna 
  • Alternatif : Kertas lipat berwarna, gunting dan perekat 
  • Gambar-gambar rumah adat Nusantara: CEK DISINI

Eksplorasi 

  • Siswa mengamati aneka bentuk bangunan di lingkungan sekitar. Siswa mengenali bentuk geometris dan ukuran dalam sebuah bangunan, misalnya bujur sangkar, persegi panjang, segitiga, lingkaran atau setengah lingkaran 
  • Guru dapat berbagi bahan bacaan siswa mengenai rumah adat Nusantara dan mengajak siswa mencari tahu lebih banyak mengenai rumah adat Nusantara (opsional. Lihat lampiran kegiatan 11). 
  • Jelaskan bahwa setiap bangunan dibangun berdasarkan sebuah rencana sehingga semua ruangan, pintu dan jendela berada di tempat yang tepat. Orang yang merencanakan sebuah bangunan disebut sebagai Arsitek. Arsitek biasanya membuat gambar rancangan terlebih dahulu. Kemudian mereka membuat model kecil terlebih dulu untuk melihat kira-kira seperti apa tampak bangunannya

Aktivitas 

  • Diskusikan dengan murid berbagai bentuk bagian sebuah bangunan (pintu, jendela, atap, tangga dll). 
  • Siswa menggambar bangunan yang mereka sukai. Siswa juga dapat diajak untuk mengeksplorasi rumah adat Nusantara.
  • Guru mengingatkan siswa untuk memperhatikan ukuran bentuk yang mereka gunakan, agar proporsi bangunan dapat tergambar dengan baik. Ajak anak untuk mengobservasi, menilai karyanya sendiri dan menyesuaikannya jika perlu.
  • Siswa mewarnai gambar yang mereka buat. 
  • Siswa membersihkan ruang kerja mereka dan memberi nama di bagian bawah karyanya. 

Pengayaan 

Siswa dapat membuat kolase rumah adat sederhana dari kertas origami. Mereka akan menggunting kertas origami aneka warna menjadi bentuk geometris yang diperlukan untuk membuat bentuk bangunan. Misalnya bujur sangkar, persegi panjang, segitiga, lingkaran atau setengah lingkaran.

Berpikir & Bekerja Artistik 

Gallery walk: Display gambar bangunan yang dibuat siswa 

Pertanyaan esensial 

  • Bentuk geometris apa saja yang kamu gunakan dalam gambarmu? 
  • Dari mana kamu mendapatkan inspirasi gambarmu? 
  • Apa saja ruangan yang terdapat dalam bangunan ini?

Karya Seni Yang Dapat Dijadikan Referensi Visual: 

  • Karya Vincent Van Gogh: The Yellow House (1888) 
  • Karya Tsuchiya Koitsu: Kinryuzan Temple at Asakusa (1938)

Penutup

Demikanlah pembahasan mengenai Kegiatan 10 Bentuk Besar Kecil dalam Arsitektur, Seni Rupa Kelas 1 SD yang dapat kuncijawaban.id bagikan untuk sahabat guru merdeka sekalian. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar