Kegiatan 10 Bentuk Besar Kecil dalam Arsitektur, Seni Rupa Kelas 1 SD
Daftar Isi
Kegiatan 10 Bentuk Besar Kecil dalam Arsitektur, Seni Rupa Kelas 1 SD - Halo sahabat guru, Apakah Sahabat Guru sudah siap untuk mengajarkan Kegiatan 10 Bentuk Besar Kecil dalam Arsitektur, Seni Rupa Kelas 1 SD?
Baca Juga: Kegiatan 9 Bentuk Huruf, Seni Rupa Kelas 1 SD
Kegiatan 10 Bentuk Besar Kecil dalam Arsitektur
Elemen Dan Sub-Elemen Capaian
Mengalami
C.2 Memilih, menggunakan
dan/atau menggabungkan
aneka media, bahan, alat,
teknologi dan proses yang
sesuai dengan tujuan karyanya.
Berpikir dan Bekerja Artistik
BBA.1 Menghasilkan,
mengembangkan,
menciptakan, mereka ulang
dan mengkomunikasikan ide
dengan menggunakan dan
menghubungkan hasil proses
Mengalami, Menciptakan dan
Merefleksikan.
Profil Pelajar Pancasila
Beriman, Bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan
Berakhlak Mulia : Akhlak
kepada alam; Saya memiliki
rasa tanggung jawab terhadap
lingkungan alam sekitar.
Tujuan Pembelajaran Kegiatan 10
- Siswa mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Bangunan, Gedung, Rumah, Kediaman, Arsitek (orang yang merancang bangunan), Arsitektur (bentuk hasil rancangan bangunan).
- Siswa mengamati bentuk, bidang dan ukuran dalam sebuah bangunan
Alat Bahan
- Kertas/ Buku Gambar
- Pensil dan pewarna
- Alternatif : Kertas lipat berwarna, gunting dan perekat
- Gambar-gambar rumah adat Nusantara: CEK DISINI
Eksplorasi
- Siswa mengamati aneka bentuk bangunan di lingkungan sekitar. Siswa mengenali bentuk geometris dan ukuran dalam sebuah bangunan, misalnya bujur sangkar, persegi panjang, segitiga, lingkaran atau setengah lingkaran
- Guru dapat berbagi bahan bacaan siswa mengenai rumah adat Nusantara dan mengajak siswa mencari tahu lebih banyak mengenai rumah adat Nusantara (opsional. Lihat lampiran kegiatan 11).
- Jelaskan bahwa setiap bangunan dibangun berdasarkan sebuah rencana sehingga semua ruangan, pintu dan jendela berada di tempat yang tepat. Orang yang merencanakan sebuah bangunan disebut sebagai Arsitek. Arsitek biasanya membuat gambar rancangan terlebih dahulu. Kemudian mereka membuat model kecil terlebih dulu untuk melihat kira-kira seperti apa tampak bangunannya
Aktivitas
- Diskusikan dengan murid berbagai bentuk bagian sebuah bangunan (pintu, jendela, atap, tangga dll).
- Siswa menggambar bangunan yang mereka sukai. Siswa juga dapat diajak untuk mengeksplorasi rumah adat Nusantara.
- Guru mengingatkan siswa untuk memperhatikan ukuran bentuk yang mereka gunakan, agar proporsi bangunan dapat tergambar dengan baik. Ajak anak untuk mengobservasi, menilai karyanya sendiri dan menyesuaikannya jika perlu.
- Siswa mewarnai gambar yang mereka buat.
- Siswa membersihkan ruang kerja mereka dan memberi nama di bagian bawah karyanya.
Pengayaan
Siswa dapat membuat kolase rumah adat sederhana dari
kertas origami. Mereka akan menggunting kertas origami
aneka warna menjadi bentuk geometris yang diperlukan untuk
membuat bentuk bangunan. Misalnya bujur sangkar, persegi
panjang, segitiga, lingkaran atau setengah lingkaran.
Berpikir & Bekerja Artistik
Gallery walk: Display gambar bangunan yang dibuat siswa
Pertanyaan esensial
- Bentuk geometris apa saja yang kamu gunakan dalam gambarmu?
- Dari mana kamu mendapatkan inspirasi gambarmu?
- Apa saja ruangan yang terdapat dalam bangunan ini?
Karya Seni Yang Dapat Dijadikan Referensi Visual:
- Karya Vincent Van Gogh: The Yellow House (1888)
- Karya Tsuchiya Koitsu: Kinryuzan Temple at Asakusa (1938)
Posting Komentar