Kegiatan 1 Seni di Sekitarku Seni Rupa Kelas 1 SD

Daftar Isi

Kegiatan 1 Seni di Sekitarku Seni Rupa Kelas 1 SD - Halo sahabat Guru, Apakah sahabat guru sekalian sudah siap untuk mengajarkan Kegiatan 1 Seni di Sekitarku Seni Rupa Kelas 1 SD? 

Sahabat guru bisa menjelaskan bahwa Seni ada di sekitarmu. Amati, rasakan dan alami. Selalu ada sisi yang spesial dan artistik. Bahkan dari benda-benda yang biasa kamu lihat sehari-hari 



Kamu bisa membuat kreasi dari apa yang kamu amati. Walaupun mengamati benda yang sama, kreasimu pasti akan berbeda dari kreasi orang lain.

Baca Juga:  Daftar Kegiatan Kelas 1 Pembelajaran Seni Rupa SD Kurikulum Merdeka

Kegiatan 1 Seni di Sekitarku Seni Rupa Kelas 1 SD

Elemen Dan Sub-Elemen Capaian

Mengalami 

A.1. Mengalami, merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber, 
A.3 Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi serupa. 

Menciptakan 

C.2 Memilih, menggunakan dan/atau menerapkan berbagai media, bahan, alat, teknologi dan proses yang sesuai dengan tujuan tertentu.

Profil Pelajar Pancasila 

Kreatif: 

Saya dapat menghasilkan karya dan tindakan yang original. 

Mandiri: 

Regulasi: Saya percaya diri dalam mengekspresikan ide saya melalui seni.

Baca Juga: Pemantauan Dan Evaluasi Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1 SD

Tujuan Pembelajaran Kegiatan 1 

  • Siswa mampu mengasosiasikan definisi “indah” atau “artistik” dari benda-benda di sekitarnya.
  • Siswa mampu mendokumentasikan hasil pengamatannya. 
  • Siswa percaya diri dalam memilih alat dalam proses dalam berkreasi.

Alat Bahan 

  • Kertas 
  • Pensil/krayon/arang/ pulpen/spidol dan lain-lain; murid dipersilahkan memilih dan mencoba alat yang berbeda saat berkreasi. 
  • Guru dapat mempersiapkan beberapa benda artistik sebagai tambahan stimulus bagi murid

Eksplorasi 

  • Kegiatan ini merupakan pre-asesmen. Tanpa memberikan banyak arahan tentang elemen seni, guru dapat melihat seberapa jauh murid sudah dapat mengekspresikan elemen seni ke dalam kreasinya
  • Definisi “indah” atau “artistik” memiliki asosiasi yang berbeda-beda bagi setiap orang. Pada kegiatan ini murid diajak untuk mengamati dengan lebih detail dan menemukan sisi artistik dari benda-benda di sekitarnya. 
  • Dalam menggambar hasil pengamatan, alat yang digunakan bisa fleksibel. Pensil atau pulpen biasanya tersedia. Jika ingin memberikan kesempatan murid untuk mengeksplorasi berbagai alat lain, pastikan agar siswa memiliki waktu untuk mencoba atau untuk guru untuk memberikan model.

Aktivitas

  • Ajak siswa untuk memilih benda yang artistik di sekitarnya. 
  • Diskusikan dengan murid alasan mereka memilih benda tersebut. 
  • Diskusikan definisi dari artistik berdasarkan benda-benda yang dipilih murid. 
  • Ajak siswa untuk melihat elemen garis pada benda yang dipilihnya. 
  • Murid menggambar hasil pengamatannya pada kertas.

Pengayaan

  • Ajak siswa untuk menggunakan kosakata seni dalam mendeskripsikan garis yang digunakan dalam gambar. 
  • Siswa bisa mencoba untuk mengamati orang dan menggambarnya. Bisa berpasangan dengan teman untuk menjadi model gambar.

Berpikir & Bekerja Artistik 

  • Gallery walk Para siswa mendisplay gambar-gambarnya. Berikan kesempatan untuk mereka saling memberikan pendapat atau pertanyaan. Pertanyaan esensial 
  • Apa yang membuat kreasimu berbeda dengan kreasi orang lain? 
  • Apa yang membuatmu memilih alat tertentu untuk membuat kreasi dari apa yang kamu amati?

Karya Seni Yang Dapat Dijadikan Referensi Visual: 

  • Karya lukisan Basoeki Abdullah: Siblings (1971) 
  • Karya patung Dolorosa Sinaga: Sufi Dancer (2013) 
  • Karya lukisan Yayoi Kusama: Pumpkin (1990) 
  • Karya macrame Agnes Hansella: Mountain (Bali, 2020)

Seni di Sekitarku

Lihatlah gambar boks berikut ini. Kemudian pejamkan mata Anda. Bayangkan boks ini berisi benda paling indah yang pernah Anda lihat. Benda apakah itu? Seperti apa bentuknya?




Bagaimana warnanya? Apakah permukaannya kasar atau halus? Apakah benda tersebut memiliki bau? 

Masih pejamkan mata Anda. Sekarang bayangkan Anda akan memasukkan foto sebuah pemandangan terindah yang pernah anda lihat ke dalam boks ini. Pemandangan apakah itu? Di manakah Anda melihat pemandangan tersebut? Bagaimana perasaan Anda ketika melihat pemandangan itu? 

Terakhir, Bayangkan Anda akan memasukkan beberapa lembar kertas ke dalam boks ini. Setiap kertas berisi satu kata sifat. Kata-kata sifat tersebut adalah kata sifat yang ingin Anda rasakan dan alami melalui pelajaran Seni Rupa. Kata-kata sifat tersebut adalah kata sifat yang juga ingin Anda tanamkan pada siswa anda melalui pelajaran Seni Rupa. 

Bacaan Guru

Kata-kata apa saja yang Anda masukkan? Kreativitas? Apresiasi? Keindahan? Kepercayaan diri? Kemanusiaan?

Sekarang, perlahan Anda akan membuka mata. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Bagaimana pengalaman Anda barusan?

Kami mengucapkan selamat apabila Anda merasa nyaman dengan pengalaman barusan. Kami juga mengucapkan selamat apabila Anda merasa tidak nyaman dengan pengalaman barusan karena Anda sudah berani mengambil resiko dan bersedia merasa tidak nyaman. Dua hal itu adalah langkah awal yang sangat baik menuju kreativitas.


Boks ini adalah bekal Anda untuk sepanjang tahun ajaran berikut. Setiap kali Anda merasakan kebuntuan atau kelelahan, buka kembali boks ini untuk mendapatkan energi dan ide-ide baru. Anda boleh mengganti isinya setiap saat Anda merasa mendapatkan ide atau pengalaman estetika baru yang menurut Anda lebih sesuai untuk disimpan.

Sekali lagi, Kami mengucapkan selamat belajar dan berbagi bersama siswa-siswi Anda! 

Posting Komentar