Daftar Kegiatan Kelas 1 Pembelajaran Seni Rupa SD Kurikulum Merdeka
Daftar Kegiatan Kelas 1 Pembelajaran Seni Rupa SD Kurikulum Merdeka - Halo sahabat guru merdeka, kali ini kuncijawaban.id akan membagikan informasi mengenai Daftar Kegiatan Kelas 1 Pembelajaran Seni Rupa jenjang sekolah dasar kurikulum merdeka. Dengan Daftar Kegiatan Kelas 1 Pembelajaran Seni Rupa ini, bisa menjadi acuan dalam mengajarkan pendidikan seni rupa khususnya di kelas 1 pada satuan pendidikan masing-masing.
Kegiatan pembelajaran dalam buku ini tidak harus dilakukan secara berurutan, namun ada beberapa kegiatan yang wajib dilakukan dimana siswa akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dasar mengenai elemen seni rupa.
Baca Juga: Pemantauan Dan Evaluasi Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1 SD
Daftar Kegiatan Kelas 1 Pembelajaran Seni Rupa SD Kurikulum Merdeka
Kegiatan wajib ditandai dengan (*). Kegiatan yang lain merupakan pilihan yang dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa dan sekolah. Penyesuaian dapat dilakukan sesuai dengan ketersediaan bahan atau sumber daya yang ada. Estimasi waktu per kegiatan adalah 1 pertemuan (2x35 menit). Guru dipersilakan untuk menyesuaikannya dengan profil murid dan kondisi sebenar di lapangan.
Pada bagian ini terdapat contoh-contoh Rencana Pengajaran yang dapat digunakan. Contoh tidaklah baku bentuk dan urutannya. Guru dapat membuat dan mengembangkan RPP yang sesuai dengan ketersediaan sumber daya yang dimilikinya. Halaman di sebelah kiri merupakan lembar kerja siswa yang dapat digunakan untuk diperbanyak atau difoto dan diteruskan melalui platform daring. Halaman kanan merupakan lembar contoh RPP bagi guru
1. Seni di Sekitarku (*)
Siswa berdiskusi mengenai aneka karya seni dan alasan mereka menciptakan karya seni. Peserta didik akan mengeksplorasi cara menggunakan media yang tersedia (mungkin pensil, krayon, pensil warna, spidol, kapur atau media lainnya). Siswa berdiskusi mengenai aneka karya seni dan alasan mereka menciptakan karya seni.
2. Aneka Garis (*)
Siswa mengidentifikasi aneka garis yang terdapat di sekitar mereka. Garis dibagi berdasarkan bentuknya menjadi lurus, bergelombang, zigzag, spiral, melingkar, lengkung. Garis juga dibagi berdasarkan arahnya menjadi vertikal, horizontal dan diagonal. Mereka akan menerapkan pengertian tentang garis tersebut ke dalam sebuah karya 2 dimensi, dan membandingkan media yang berbeda untuk menggambar garis.
Baca Juga: Alat Bahan (Resources) dan Faktor Keamanan Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1
3. Garis yang Menunjukkan Gerakan (*)
Siswa membentuk persepsi dan menggambarkan kualitas garis (misalnya tebal, tipis atau rapat, renggang) dengan cara menghubungkannya dengan suara atau gerakan tertentu. Mereka kemudian membuat gambar menggunakan berbagai macam garis sebagai bentuk respon terhadap musik tertentu.
4. Garis Membuat Bentuk (*)
Siswa membentuk persepsi tentang bagaimana garis lurus dan garis lengkung membuat bentuk geometris dan bentuk organik. Mereka kemudian menerapkan aneka bentuk ke dalam sebuah karya 2 dimensi sambil mengidentifikasi jenis garis dan ukuran bentuk yang digambarnya.
5. Membuat Bentuk dengan Potong & Tempel (*)
Siswa menggunakan pemahamannya akan berbagai bentuk untuk membuat kreasi binatang imajinasinya dalam bentuk kolase. Dalam proses membuat kolase, siswa juga akan berlatih menggunakan gunting dan lem dengan efektif.
6. Bentuk dalam Topeng
Siswa mendiskusikan mengapa orang menciptakan dan memakai topeng. Mereka akan mengidentifikasikan fitur-fitur yang terdapat dalam sebuah topeng, kemudian menciptakan topeng manusia atau hewan dengan bahan yang tersedia.
Baca Juga: Strategi Pengajaran dan Diferensiasi dalam Pengajaran Seni Rupa Kelas 1 SD
7. Warna, Garis dan Bentuk (*)
Siswa mendiskusikan perencanaan penggunaan garis, bentuk dan warna dalam sebuah karya. Mereka akan menciptakan sebuah karya atau desain dan merencanakan warna.
8. Bentuk yang Berulang (*)
Siswa mengidentifikasi garis, warna dan bentuk yang membentuk susunan berulang. Mereka akan membuat karya 2D dengan perulangan garis, warna dan bentuk.
9. Bentuk Huruf
Siswa mengenali tipografi sederhana, mereka mengetahui bahwa sebuah huruf dapat dituliskan dengan berbagai cara atau gaya. Mereka membuat sebuah papan nama atau kartu ucapan sederhana yang menggunakan tulisan tangan mereka sendiri.
10. Bentuk Besar dan Kecil dalam Arsitektur
Siswa mengamati aneka bentuk dan ukuran pada sebuah bangunan. Mereka belajar bahwa arsitektur merupakan bagian dari seni dan memiliki peran penting bagi kehidupan. Siswa dapat membuat gambar atau membuat kolase bentuk bangunan.
11. Membuat Model Bangunan
Siswa mempelajari mengenai arsitektur sebagai bagian dari seni. Mereka belajar bahwa sebuah model dapat membantu perencanaan bangunan yang sesungguhnya. Mereka dapat membuat gambar rumah dan model rumah dari karton atau barang daur ulang atau bahan lain yang tersedia disekitar.
12. Membuat Model sebuah Kota
Siswa mendiskusikan bagaimana keindahan kota mempengaruhi kebahagiaan mereka. Siswa membuat model tata letak kota sederhana dengan menggunakan model bangunan yang telah dibuat sebelumnya.
13. Lebih Jauh Tentang Garis (*)
Siswa mengamati aneka garis lurus dan lengkung dalam sebuah karya seni. Mereka diminta untuk mengembangkan sebuah garis menjadi bentuk yang mereka inginkan dan mereka dapat secara singkat menjelaskan bagaimana proses mereka mendapatkan gagasannya.
Baca Juga: Suasana Pembelajaran Positif Seni Rupa Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka
14. Tekstur dan Pola (*)
Siswa diajak untuk mengamati bagaimana setiap benda memiliki tekstur yang berbeda. Mereka diminta mencari benda yang memiliki tekstur kasar dan kemudian memindahkan kesan tekstur ke media 2 dimensi tersebut melalui teknik gosok atau membuat tekstur dengan mengulang garis atau bentuk tertentu.
15. Bentuk Pada Wajah
Siswa mengenali bentuk-bentuk dasar yang terdapat dalam fitur yang membedakan wajah seseorang dengan yang lainnya. Misalnya hidung merupakan gabungan segitiga dan lingkaran. Mereka menggambar atau membuat kolase untuk membuat potret wajah sendiri atau orang lain.
16. Observasi Hewan dan Tanaman (*)
Siswa mendiskusikan mengenai hewan kesayangan mereka. Apa ciri khas fisik hewanhewan tersebut yang membuatnya berbeda dengan hewan lain? Mereka menggambar atau melukis atau membentuk hewan kesayangan mereka dengan menggunakan media yang dipilih.
17. Warna Primer dan Warna Sekunder (*)
Siswa mengidentifikasi warna primer dan sekunder. Mereka mempelajari prosedur pencampuran warna dengan menggunakan media kering seperti krayon minyak dan media basah seperti cat atau pewarna makanan.
18. Membuat Campuran Warna Gelap dan Terang (*)
Siswa mengidentifikasi warna gelap dan terang dalam sebuah karya seni. Mereka mempelajari prosedur pencampuran untuk menciptakan warna gelap dan terang dengan menggunakan media kering (krayon atau pensil warna) ataupun basah (cat atau pewarna makanan).
19. Keindahan Dedaunan
Siswa diajak untuk menyadari begitu banyak karya seni dibuat berdasarkan wimba dari alam sekitar. Siswa mendiskusikan aneka bentuk dedaunan yang ada di alam dan fitur fisik sehelai daun. Mereka akan membuat karya cetak dengan menggunakan pewarna basah dan dedaunan yang mereka pilih.
Baca Juga: Membangun Komunikasi Efektif Pembelajaran Seni Rupa SD Kelas 1
20. Temukan Inspirasi Karya Senimu (*)
Siswa mendiskusikan mengenai keindahan yang mereka lihat atau bisa dikerjakan selama liburan. Mereka membuat karya yang terinspirasi oleh liburan mereka.
Posting Komentar