Suasana Pembelajaran Positif Seni Rupa Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka
Daftar Isi
Suasana Pembelajaran Positif Seni Rupa Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka - Halo sahabat Guru merdeka, Seluruh elemen sekolah memegang peranan penting dalam menciptakan suasana pembelajaran yang positif. Ini ditandai dengan suasana kelas dan sekolah yang aman, nyaman dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk memenuhi potensi mereka. Kali ini kuncijawaban.id akan membagikan informasi mengenai Suasana Pembelajaran Positif Seni Rupa Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka berikut ini adalah pembahasanya
Baca Juga: Membangun Komunikasi Efektif Pembelajaran Seni Rupa SD Kelas 1
Suasana Pembelajaran Positif Seni Rupa
Penting untuk disadari bahwa setiap siswa datang dari berbagai kalangan yang
mungkin sama atau berbeda, baik dengan siswa lain maupun para gurunya. Mereka
juga memiliki minat, bakat dan kemampuan yang berbeda satu sama lain. Mereka
bahkan mungkin memiliki kemampuan fisik atau mental yang berbeda dengan siswa
yang lain. Perbedaan-perbedaan ini adalah sebuah kewajaran dan semua sama penting
dan berharganya dengan yang lain. Tidak ada yang patut lebih atau kurang dihormati
oleh semua elemen sekolah. Semua mendapatkan penghargaan dan penghormatan
yang sama.
Misalnya, meskipun sekolah tempat guru mengajar terletak di daerah tertentu,
namun guru juga menghargai siswa yang berlatar belakang budaya dari daerah lain.
Pada pembelajaran Seni Rupa, guru diberikan keleluasaan untuk mempertimbangkan
dan memasukkan nilai-nilai budaya dari daerah tempatnya berada dengan tetap
berlandaskan pada Persatuan Indonesia.
Siswa mungkin juga memiliki kemampuan fisik atau mental yang berbeda, misalnya
memiliki daya serap yang lebih rendah dari rata-rata atau memiliki gangguan fisik
yang menyebabkannya tidak dapat melakukan pekerjaan tertentu. Atau justru di suatu
sekolah, terdapat anak-anak yang sangat berbakat dan memiliki kemampuan di atas
rata-rata. Pada pembelajaran Seni Rupa, sekolah dan guru diberikan keleluasaan untuk
menyesuaikan atau memperkaya kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan setempat.
Memberikan Keleluasaan dalam Pembelajaran Seni Rupa
Penting
sekali bagi guru untuk menyadari dan menanamkan bahwa guru dan siswa tidak sedang
berkompetisi dengan siapapun dan yang terpenting adalah setiap saat menjadi lebih
baik dari diri masing-masing sebelumnya.
Sekolah dan guru yang berhasil membangun kesadaran ini akan mendapatkan
suasana pembelajaran yang positif dimana seluruh siswa merasa percaya diri untuk
mengekspresikan diri, memberi saran atau masukan, mengambil resiko, bertanya,
meminta bantuan dan mengakui kesulitan yang mereka hadapi. Siswa juga menghargai
proses dan kemajuan diri mereka maupun orang lain
Suasana pembelajaran yang positif akan menciptakan pengalaman pembelajaran
yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu. Siswa menyadari pentingnya bagi mereka
mempelajari sesuatu dan melihat hubungan atau kegunaannya dengan kehidupan
mereka sehari-hari.
Dengan melihat bagaimana guru mereka juga turut belajar dan
memberikan ruang yang cukup bagi mereka menjadi versi terbaik dirinya sendiri, siswa
akhirnya melihat bahwa pembelajaran adalah proses seumur hidup yang berdampak
dan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan diharapkan membuat mereka
tergerak menjadi pembelajar seumur hidup yang antusias (enthusiastic life long learner).
Penutup
Demikianlah pembahasan megenai Suasana Pembelajaran Positif Seni Rupa Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka yang dapat kucijawaban id bagian. Semoga bermanfaat
Posting Komentar