Strategi Umum Pembelajaran Seni Rupa SD

Daftar Isi
Strategi Umum Pembelajaran Seni Rupa SD - Secara umum pengertian atau definisi strategi pembelajaran adalah suatu usaha menggunakan strategi yang sistematis yang dilakukan secara efektif untuk mendapatkan suatu prestasi dan juga keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran

Kali ini kuncijawaban.id akan membagikan informasi mengenai Strategi Umum Pembelajaran Seni Rupa SD. Sehingga bisa menjadi acuan sahabat guru semua dalam mengajarkan mapel seni rupa di jenjang Sekolah Dasar

Strategi Umum Pembelajaran


Baca Juga: Capaian Pembelajaran Setiap Fase Mapel Seni Rupa

1. Perencanaan

a. Pendahuluan 

Perencanaan ini penting untuk membantu mengembangkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan siswa. Hal penting yang perlu diperhatikan dalam perencanaan pembelajaran seni rupa, yaitu :
  1. Kesinambungan atau konsistensi antara satu fase dengan yang lainnya atau keterkaitan dengan mata pelajaran lainnya. 
  2. Ketersediaan bahan, waktu dan sumber daya (manusia atau alam) yang ada. 
  3. Kesesuaian dengan capaian pembelajaran dan alur fase perkembangan usia siswa. 
  4. Pilihan dan keberagaman pendekatan yang sesuai dengan tipe kecerdasan anak. 
  5. Kesempatan dan kemungkinan pemantauan, evaluasi dan umpan balik. 
  6. Tahapan perencanaan : jangka panjang (satu tahun ajaran), jangka menengah (tri wulan atau semester)dan jangka pendek (harian, mingguan, bulanan). 

b. Tahapan Perencanaan

1) Perencanaan Jangka Panjang (satu tahun ajaran)

Perencanaan Jangka Panjang ini mencakup perencanaan untuk mencapai fase tertentu dalam satu tahun ajaran. Beberapa poin yang penting diperhatikan dan dipertimbangkan dalam perencanaan jangka panjang:, yaitu:
  • Waktu/ jam pelajaran, termasuk libur, kalender kegiatan sekolah dan ekstra kurikuler di sekolah anda. 
  • Akses dan ketersediaan pada aneka sumber daya yang diperlukan, terutama apabila sumber daya tersebut harus dibeli. 
  • Situasi dan kondisi sekolah atau bahkan daerah anda.
Perencanaan jangka panjang ini melibatkan pengambilan keputusan di tingkat sekolah dan merupakan bagian dari pelaksanaan kurikulum sekolah anda. Guru dapat bekerja sama dan berdialog dengan rekan-rekan sesama guru baik seni rupa maupun mata pelajaran lain, dimulai dari yang mengajar di tingkatan yang sama, kemudian lebih luas. 

Tujuannya untuk membangun pendekatan dan pembelajaran yang konsisten dan berkesinambungan. Ini akan sangat bermanfaat untuk mendukung perkembangan siswa dari fase A hingga F dan membantu mencegah tumpang tindih konten antara pelajaran satu dengan yang lainnya atau pengulangan yang tidak perlu di fase selanjutnya. 

Setiap capaian pembelajaran dibuat sinambung untuk dicapai dalam masa dua sampai tiga tahun dengan sifat cair dan tidak mengikat agar guru leluasa menentukan pendekatan yang paling sesuai dengan kondisi maupun kemampuan sekolah dan siswa.

Baca Juga: Lima Elemen Landasan Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

2) Perencanaan Jangka Menengah (triwulan atau semester)

Perencanaan jangka menengah ini melibatkan perencanaan alur konten atau tujuan pembelajaran yang lebih mendetail dan dibuat berdasarkan pengalaman mengenai kegiatan pembelajaran yang dipandang efektif. 

Adalah sangat wajar jika perencanaan ini tidak sempurna dan sebaiknya tidak diharapkan untuk sempurna saat pertama anda membuat perencanaan. Beberapa poin yang penting diperhatikan dan dipertimbangkan dalam perencanaan jangka menengah, yaitu:
  • Pengetahuan atau keterampilan yang sebaiknya dimiliki siswa sebelum memasuki pelajaran ini. 
  • Pengetahuan, pemahaman atau kemampuan baru yang akan didapat dari pelajaran ini. 
  • Alur dan tujuan pembelajaran. 
  • Ketersediaan sumber daya.
3) Perencanaan Jangka Pendek (Harian, Mingguan, Bulanan)

Perencanaan jangka pendek ini termasuk penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat berdasarkan tujuan pembelajaran yang anda pilih. Beberapa poin yang penting diperhatikan dan dipertimbangkan dalam perencanaan jangka pendek atau dalam pembuatan RPP:
  • Menyediakan informasi penting untuk semua orang dewasa yang mungkin terlibat dalam pembelajaran, sehingga dapat digunakan oleh siapapun yang mengajar terlepas dari latar belakang pendidikan atau keahliannya. 
  • Berkesinambungan atau berkelanjutan meski guru bidang studinya tidak hadir. 
  • Mempertimbangkan kebutuhan-kebutuhan siswa, termasuk kecerdasan majemuk, difabilitas (different ability) atau respon emosional yang mungkin terjadi. 
  • Menyediakan saran kegiatan belajar, waktu, sumber-sumber dan strategi pendekatan, termasuk bekerja perorangan, berpasangan, kelompok kecil atau seluruh kelas. 
  • Membangun respon siswa terhadap pelajaran sebelumnya, sehingga dapat terlihat perkembangan siswa z Memiliki kriteria kesuksesan yang jelas dan terukur 
  • Memiliki harapan hasil pembelajaran yang jelas
Baca Juga: Capaian Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1 SD, Tujuan Belajar dan Karakteristiknya

4) Pembuatan RPP
  • Persiapan 
  • Tujuan Pembelajaran 
  • Kosa Kata 
  • Eksplorasi 
  • Aktivitas 
  • Bereskan dan Bersihkan 
  • Evaluasi 
  • Ekstensi

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Strategi Umum Pembelajaran Seni Rupa SD yang dapat kuncijawaban.id bagikan kepada sahabat guru. Semoga bermanfaat

Posting Komentar