Strategi Pengajaran dan Diferensiasi dalam Pengajaran Seni Rupa Kelas 1 SD
Daftar Isi
Strategi Pengajaran dan Diferensiasi dalam Pengajaran Seni Rupa Kelas 1 SD - Halo sahabat guru merdeka, kali ini kuncijawaban.id akan membagikan informasi mengenai Strategi Pengajaran dan Diferensiasi dalam Pengajaran Seni Rupa Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka. Sehingga sahabat guru merdeka bisa mengajarkan seni rupa dengan baik di satuan pendidikan masing-masing.
Baca Juga: Suasana Pembelajaran Positif Seni Rupa Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka
Strategi Pengajaran dan Diferensiasi dalam Pengajaran Seni Rupa
Strategi Pengajaran
Jika guru tidak memiliki latar belakang seni rupa, bukan berarti guru tersebut tidak
dapat mengajarkan mata pelajaran Seni Rupa. Sebagai guru, seseorang hanya perlu
membiarkan kreativitasnya mengalir, membuka diri terhadap berbagai gagasan,
ketidaknyamanan, ketidakjelasan, kemungkinan-kemungkinan baru dan bersedia untuk
mencoba dan belajar dari kegagalan atau kesalahan sebelumnya.
Guru menanamkan
sikap ini melalui pembelajaran Seni Rupa. Siswa merupakan cerminan diri guru, sehingga
penting bagi seorang guru sendiri untuk mengalami atau menjadi apapun yang ingin ia
ajarkan pada siswanya.
Sangat disarankan untuk menggunakan aneka cara yang berbeda untuk setiap
aktivitas. Kegiatan pembelajaran dapat menggunakan teks, lisan, visual atau praktik
langsung (hands on) berdasarkan kondisi sekolah atau siswa dan ketersediaan bahan
dan alat di sekitar sekolah.
Sebisa mungkin gunakan konteks kehidupan sehari-hari yang sekiranya terhubung
dan bermakna bagi para siswa. Sekolah yang berada di daerah pegunungan, pastinya
akan memiliki konteks yang berbeda dengan sekolah yang berlokasi di daerah pantai.
Sekolah dan guru diberi keleluasaan untuk menyesuaikan dengan konteks setempat.
Fokus pembelajaran seni rupa haruslah selalu mengenai perkembangan pembelajaran
siswa, bukan bagaimana guru menyajikan pelajaran atau sekadar memenuhi target
pelajaran. Pembelajaran Seni Rupa memberikan pilihan dan keleluasaan cara dan
sarana bagi siswa untuk menunjukkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan
mereka.
Diferensiasi dalam Pengajaran
Setiap siswa memiliki kebutuhan dan kecepatan belajar yang berbeda-beda. Diferensiasi
(ada pembedaan) akan membantu untuk memenuhi kebutuhan para siswa. Ini berarti
Anda berupaya untuk mencari metode pengajaran, kegiatan pembelajaran atau sumber
daya yang sesuai dengan kebutuhan para siswa sehingga pembelajarannya menjadi
tepat sasaran dan menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan.
Tujuannya
tentu saja agar mereka berhasil mencapai tujuan pembelajarannya masing-masing.
Diferensiasi instruksi pembelajaran dapat dibuat berdasarkan hal berikut :
- Membuat 3 tingkat kesulitan yang berbeda untuk satu kegiatan. Kelas akan mengerjakan kegiatan yang sesuai dengan kemampuan rata-rata siswa. Kemudian guru memberikan dukungan ekstra untuk para siswa yang kesulitan dengan suatu keterampilan atau konsep tertentu dan memberikan tantangan lebih bagi mereka yang di atas rata-rata.
- Menempatkan siswa dengan berbagai tingkat kemampuan berbeda dalam satu kelompok kerja. Siswa yang tertinggal dapat belajar atau mendapatkan ide dari mereka yang memiliki kemampuan rata-rata atau lebih. Sementara siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata dapat mengembangkan pemahaman mereka dengan cara menjelaskan pada teman lainnya. Metode ini efektif dan menguntungkan semua pihak.
- Membuat variasi kegiatan atau hasil akhir : Para siswa menuju tujuan yang sama melalui berbagai cara. Siswa diberi kebebasan untuk menciptakan karya yang sesuai dengan minat atau kemampuannya.
Penutup
Demikianlah pembahasan mengenai Strategi Pengajaran dan Diferensiasi dalam Pengajaran Seni Rupa Kelas 1 SD yang dapat kuncijawaban.id bagikan. Semoga bermanfaat!
Posting Komentar