Anjuran Kegiatan Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Daftar Isi

Anjuran Kegiatan Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka - Sekolah dan guru memiliki kebebasan untuk menentukan jenis kegiatan atau sumber yang sesuai untuk pembelajaran seni rupa di sekolah dan kelas. Seluruh kegiatan yang terdapat dalam buku ini tidak sekuensial dan tidak mengikat. Bentuknya adalah saran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi dan ketersediaan bahan di lokasi sekolah.

Anjuran Kegiatan Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Anjuran Kegiatan Pembelajaran Seni Rupa

Misalnya, dalam kegiatan menggunakan pewarna basah, guru tidak perlu mewajibkan siswa untuk membeli cat air, cat akrilik atau cat minyak. Sebagai gantinya, dapat digunakan pewarna makanan, bagian tertentu tumbuhan tertentu atau apapun yang dapat menghasilkan warna. 

Baca Juga: Strategi Pembelajaran Seni Rupa SD Kelas 1

Contoh lain, untuk mengajarkan konsep garis, warna atau pola, siswa dapat menggunakan penggaris, gawai, bahan-bahan di alam seperti batu, guguran daun, ranting, kulit kerang, tanah, pasir dll. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran seni rupa dapat dianggap seperti permainan yang bermakna.

1) Pemanasan 

Guru dapat melakukan pemanasan sebelum memulai topik tertentu, contohnya:
  1. Menggambar menggunakan tangan yang “salah” : Siswa menggambar menggunakan tangan yang tidak biasanya digunakan, seperti menggunakan tangan kiri apabila biasa menggunakan tangan kanan. Ini untuk membiasakan Siswa mencoba sesuatu yang berada di luar zona kenyamanannya. 
  2. Tebak gambar secara cepat : Siswa diminta untuk menebak kata berdasarkan gambar yang dibuat dibuat temannya. Ini untuk menjembatani penjelasan mengenai kesan atau karakteristik. 
  3. Menempelkan bungkus atau kemasan jajanan atau produk sehari-hari yang mereka gunakan. Diskusikan bagaimana mereka pendapat mereka mengenai tampilan kemasan tersebut. Apakah mereka membeli produk tersebut karena menyukai desain kemasannya? Jika mereka boleh mengubah sesuatu dari desain tersebut, bagian apa yang ingin diubah dan mengapa?

2) Jurnal Visual/ Buku Sketsa

Jurnal Visual atau buku sketsa ini merupakan sarana siswa untuk mengumpulkan, menyimpan dan menuangkan ide-ide atau hasil eksperimennya dalam bentuk tulisan dan gambar. Melalui jurnal ini, siswa dapat meninjau kembali idenya, mengamati kemajuan belajarnya sendiri, belajar dari pengalaman dan merayakan kemajuannya dalam berkarya.  

3) Dokumentasi dan Perawatan Karya

Portofolio merupakan sarana siswa untuk berlatih mendokumentasikan, merawat dan mengapresiasi karyanya. Melalui portofolio, siswa, orangtua dan guru dapat melihat perkembangan dan kemajuan siswa. Hasil pengamatan ini dapat digunakan sebagai informasi untuk merencanakan pembelajaran berikutnya agar menjadi efektif

Baca Juga: Strategi Umum Pembelajaran Seni Rupa SD

4) Hubungan Lintas Disiplin Keilmuan

Guru membangun kemampuan siswa untuk dapat melihat keterhubungan dan berkolaborasi dengan bidang keilmuan lainnya agar siswa memiliki kesempatan untuk menerapkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilannya dalam sebanyak-banyaknya konteks. 

Hasil akhirnya, siswa diharapkan dapat membangun pengalaman melakukan riset, menganalisa, merefleksikan, mengkomunikasikan gagasan, berpikir dan bekerja artistik, dan berkolaborasi yang berdampak. Berikut beberapa contoh keterhubungan seni rupa dengan mata pelajaran lainnya :
  1. STEM (Science Technology Engineering Mathematics) : mendesain alat penyiram tanaman dari bahan daur ulang atau membuat kincir angin. 
  2. Bahasa : membuat ilustrasi atau diorama sebuah cerita, membuat poster atau kartu kata bergambar. 
  3. Teater dan Matematika : Mengukur untuk membangun panggung atau merancang kostum untuk pentas drama

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Anjuran Kegiatan Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka yang dapat kuncijawaban.id bagikan untuk shabat guru semuanya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar