Anjuran Kegiatan Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka
Daftar Isi
Anjuran Kegiatan Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka - Sekolah dan guru memiliki kebebasan untuk menentukan jenis kegiatan atau sumber yang sesuai untuk pembelajaran seni rupa di sekolah dan kelas. Seluruh kegiatan yang terdapat dalam buku ini tidak sekuensial dan tidak mengikat. Bentuknya adalah saran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi dan ketersediaan bahan di lokasi sekolah.
Anjuran Kegiatan Pembelajaran Seni Rupa
Misalnya, dalam kegiatan menggunakan pewarna basah, guru tidak perlu mewajibkan
siswa untuk membeli cat air, cat akrilik atau cat minyak. Sebagai gantinya, dapat
digunakan pewarna makanan, bagian tertentu tumbuhan tertentu atau apapun yang
dapat menghasilkan warna.
Contoh lain, untuk mengajarkan konsep garis, warna
atau pola, siswa dapat menggunakan penggaris, gawai, bahan-bahan di alam seperti
batu, guguran daun, ranting, kulit kerang, tanah, pasir dll. Dengan demikian, kegiatan
pembelajaran seni rupa dapat dianggap seperti permainan yang bermakna.
1) Pemanasan
Guru dapat melakukan pemanasan sebelum memulai topik tertentu, contohnya:
- Menggambar menggunakan tangan yang “salah” : Siswa menggambar menggunakan tangan yang tidak biasanya digunakan, seperti menggunakan tangan kiri apabila biasa menggunakan tangan kanan. Ini untuk membiasakan Siswa mencoba sesuatu yang berada di luar zona kenyamanannya.
- Tebak gambar secara cepat : Siswa diminta untuk menebak kata berdasarkan gambar yang dibuat dibuat temannya. Ini untuk menjembatani penjelasan mengenai kesan atau karakteristik.
- Menempelkan bungkus atau kemasan jajanan atau produk sehari-hari yang mereka gunakan. Diskusikan bagaimana mereka pendapat mereka mengenai tampilan kemasan tersebut. Apakah mereka membeli produk tersebut karena menyukai desain kemasannya? Jika mereka boleh mengubah sesuatu dari desain tersebut, bagian apa yang ingin diubah dan mengapa?
2) Jurnal Visual/ Buku Sketsa
Jurnal Visual atau buku sketsa ini merupakan sarana siswa untuk mengumpulkan, menyimpan dan menuangkan ide-ide atau hasil eksperimennya dalam bentuk tulisan dan gambar. Melalui jurnal ini, siswa dapat meninjau kembali idenya, mengamati kemajuan belajarnya sendiri, belajar dari pengalaman dan merayakan kemajuannya dalam berkarya.
3) Dokumentasi dan Perawatan Karya
Portofolio merupakan sarana siswa untuk berlatih mendokumentasikan, merawat
dan mengapresiasi karyanya. Melalui portofolio, siswa, orangtua dan guru dapat
melihat perkembangan dan kemajuan siswa. Hasil pengamatan ini dapat digunakan
sebagai informasi untuk merencanakan pembelajaran berikutnya agar menjadi
efektif
4) Hubungan Lintas Disiplin Keilmuan
Guru membangun kemampuan siswa untuk dapat melihat keterhubungan dan
berkolaborasi dengan bidang keilmuan lainnya agar siswa memiliki kesempatan
untuk menerapkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilannya dalam
sebanyak-banyaknya konteks.
Hasil akhirnya, siswa diharapkan dapat membangun
pengalaman melakukan riset, menganalisa, merefleksikan, mengkomunikasikan
gagasan, berpikir dan bekerja artistik, dan berkolaborasi yang berdampak.
Berikut beberapa contoh keterhubungan seni rupa dengan mata pelajaran lainnya :
- STEM (Science Technology Engineering Mathematics) : mendesain alat penyiram tanaman dari bahan daur ulang atau membuat kincir angin.
- Bahasa : membuat ilustrasi atau diorama sebuah cerita, membuat poster atau kartu kata bergambar.
- Teater dan Matematika : Mengukur untuk membangun panggung atau merancang kostum untuk pentas drama
Penutup
Demikianlah pembahasan mengenai Anjuran Kegiatan Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka yang dapat kuncijawaban.id bagikan untuk shabat guru semuanya. Semoga bermanfaat!
Posting Komentar