Alat Bahan (Resources) dan Faktor Keamanan Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1
Daftar Isi
Alat Bahan (Resources) dan Faktor Keamanan Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1 - Halo sahabat guru merdeka, kali ini kunci jawaban.id akan membagikan informasi mengenai Alat Bahan (Resources) dan Faktor Keamanan Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1. Sehingga sahabat guru bisa menngajarkan Seni Rupa dengan baik pada satuan pendidikan masing-masing.
Baca Juga: Strategi Pengajaran dan Diferensiasi dalam Pengajaran Seni Rupa Kelas 1 SD
Alat Bahan (Resources) dan Faktor Keamanan Pembelajaran Seni Rupa
Alat Bahan (Resources)
Biasanya sumber daya yang dipakai meliputi apapun yang umumnya diperlukan untuk
membuat karya seni rupa, seperti pensil, cat atau lempung. Namun jika sekolah tidak
memiliki akses terhadap sumber daya tersebut atau sumber daya yang disarankan
terlalu mahal, guru dapat menggunakan sumber daya lain yang tersedia di alam
seperti misalnya batu, daun, ranting, kulit kerang atau bahan bekas/ bahan daur
ulang seperti misalnya bekas kemasan, kardus, tutup botol atau plastik.
Guru dapat
menghubungkannya dengan konsep pengelolaan kebersihan lingkungan (dimensi
profil Pelajar Pancasila Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak
Mulia) dan kreativitas (dimensi Kreatif). Buku panduan ini juga menyediakan gambar
atau link yang dapat digunakan untuk membantu pembelajaran.
Sebaiknya kelas Seni
Rupa memiliki akses pada air terutama untuk bersih-bersih setelah kegiatan yang
mungkin kotor atau berantakan.
Seandainya sekolah memiliki sumber daya teknologi digital, ini dapat digunakan untuk
melakukan riset, mencari gagasan dan memudahkan proses dokumentasi karya. Namun
sangat disarankan untuk tidak semata bertumpu pada teknologi digital.
Teknologi digital
hanya digunakan apabila memiliki nilai tambah bagi siswa Anda. Tidak semua yang ada
di internet merupakan informasi yang berguna dan layak disampaikan, sekolah dan guru
harus pandai memilah dan memilih sumber yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Faktor Keamanan
Keamanan adalah faktor yang sangat penting dalam proses pembelajaran seni rupa yang
banyak melibatkan bahan dan alat, termasuk aneka alat pemotong dan penyambung.
Hal-hal berikut sangat penting untuk diperhatikan:
- Tata letak kelas memungkinkan guru untuk memantau seluruh Siswa. Tata letak kelas
tidak harus selalu klasikal, namun dapat juga berbentuk huruf ‘U’ atau dikelompokkan
menjadi beberapa titik meja.
- Terutama saat bekerja dengan bahan yang basah seperti cat atau lempung, sebaiknya siswa menggunakan celemek/baju pelapis/plastik yang dapat melindungi seragam atau pakaian mereka.
- Gunakan bahan yang tidak beracun dan aman untuk siswa (non toxic).
- Berikan instruksi sejelas mungkin dan awasi siswa terutama saat bekerja dengan alat atau bahan yang berpotensi bahaya seperti benda tajam dan panas (contohnya gunting, cutter, pisau, lem super, lem tembak dll).
- Pastikan lantai bersih dari benda apapun dan kering untuk mencegah kecelakaan karena tersandung atau terpeleset.
- Sejak 6 minggu pertama, tanamkan rutin mengenai pemeliharaan, pembersihan dan perawatan karya, alat dan bahan mereka. Setiap siswa bertanggung jawab atas kebersihan dan keselamatan dirinya dan orang lain.
- Saat bekerja dengan teknologi digital, guru juga perlu memperhatikan keselamatan elektronik (e-safety), misalnya pastikan agar siswa tidak membagikan password pada orang lain, memasang filter agar siswa tidak terpapar dengan konten yang tidak patut, memeriksa situs yang akan digunakan terlebih dulu, termasuk menyiapkan siswa terhadap resiko-resiko yang mungkin mereka hadapi saat mengunggah karya atau komentar secara daring.
Keterlibatan Orangtua dan Lingkungan Terdekat
Pencapaian dan kemajuan seorang siswa terutama dipengaruhi oleh orangtua dan
lingkungan terdekatnya. Penting sekali untuk melibatkan orangtua secara penuh untuk
menyelaraskan pembelajaran di sekolah dan di rumah. Beberapa ide untuk melibatkan
orangtua dan lingkungan terdekat dalam pembelajaran seni rupa antara lain:
- Komunikasikan tujuan pembelajaran dan harapan capaian pembelajaran yang telah anda sepakati bersama para Siswa.
- Komunikasikan mengenai sikap yang diharapkan dalam pembelajaran seni rupa (misalnya bahwa tidak ada yang salah atau benar dalam seni, setiap pencapaian sangat berarti, tiap anak memiliki minat, bakat dan kemampuannya masing-masing yang berbeda dengan yang lain, setiap siswa tidak berkompetisi dengan temannya namun diharapkan menjadi versi terbaik dirinya sendiri dll).
- Bagaimana orangtua dan lingkungan terdekat dapat mendukung pembelajaran siswa.
- Usulan kegiatan yang dapat dilakukan di rumah untuk menunjang pembelajaran siswa.
- Membuat pameran atau pojok karya yang memajang karya siswa dan mengundang orangtua untuk ikut menyaksikan dan menghargai karya anaknya.
- Di akhir semester atau tahun ajaran, siswa boleh membawa pulang karyanya yang paling mereka sukai.
- Berkolaborasi dengan lingkungan sekitar sekolah yang memungkinkan siswa menciptakan karya untuk lingkungannya.
Penutup
Demikianlah pembahasan mengenai Alat Bahan (Resources) dan Faktor Keamanan Pembelajaran Seni Rupa Kelas 1 yang dapat kuncijawaban.id informasikan. Semoga bermanfaat!
Posting Komentar